Apa Itu Torsi? Ini Penjelasan Singkatnya

Apa itu torsi-Dalam dunia otomotif, banyak istilah-istilah yang memang sulit kita mengerti. Misalnya ada istilah-istilah seperti RPM, speedometer dan torsi. Apakah kita perlu mengetahui pengertian istilah-istilah tersebut? ya perlu. Saat membeli mobil baru, kita harus mengetahui istilah-istilah itu agar tidak mudah dikelabui si penjual mobil.

Nah, salah satu istilah yang harus kita ketahui adalah torsi. Apa itu torsi? Secara teknikalnya, torsi bisa diartikan sebagai sistem mesin yang berfokus pada akselerasi, sedangkan tenaga berkaitan erat dengan kecepatan. Maka, secara sederhana torsi memaksudkan gaya dorong yang diperoleh melalui putaran mesin.

Prosesnya bisa dijabarkan seperti ini: Saat putaran mesin semakin cepat, maka power mobil mengalami peningkatan secara otomatis. Dalam tabel atau brosur yang diterbitkan oleh pabrik atau perusahaan, angka torsi mesin dituangkan dalam satuan Newtonmeter (Nm) atau Kilogrammeter (Kgm).

Walaupun punya peran yang berbeda, torsi dan tenaga merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkn. Semakin besar power yang dikeluarkan sebuah mobil, maka jangka waktu akselerasi untuk mencapai titik tertinggi bisa menjadi lebih cepat. Namun angka torsi bisa diubah oleh girboks karena didasari juga oleh hitungan gigi rasio. 

Nah, yang patut diingat juga, perbedaan nilai torsi bisa dipengaruhi oleh sistem transmisi apa yang digunakan. Mobil bertransmisi CVT biasanya rasio pengaturan giginya lebih stabil. Dengan kata lain, akselerasi mobil CVT jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan mobil manual. Semoga artikel apa itu torsi dan cara kerjanya bisa bermanfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Torsi? Ini Penjelasan Singkatnya"