Inilah 3 Cara Merawat Karet Wiper Mobil Yang Benar

Cara merawat karet wiper mobil-Saat berkendara dengan mobil di musim hujan, ada beberapa komponen yang harus anda perhatikan kondisinya. Salah satunya adalah karet wiper. Komponen ini sangat penting karena berhubungan keselamatan pengendara dan penumpang. Fungsi karet wiper adalah untuk menyapu percikan air hujan di kaca depan sehingga pandangan pengendara tidak terhalang. 

Beberapa pengendara seringkali melupakan hal ini. Nah, ketika karet wiper rusak, pengendara terkejut dengan efek yang ditimbulkan. Selain sulit membersihkan percikan air, kaca depan malah jadi lecet. Tentunya anda tidak mau mengalami hal itu bukan? Nah, berikut ini cara merawat karet wiper mobil yang benar.

Cara merawat karet wiper mobil

1. Periksa kondisi karet wiper

Caranya cukup praktis, lepaskan karet dari batang pengait dan besi. Selanjutnya lihat ketebalan karet wiper apakah masih bisa menyapu air di kaca depan. Selain itu, perhatikan karet wiper apakah dalam kondisi kotor, berdebu dan berpasir. Jika memang seperti itu, bersihkan segera dengan air lalu pasang lagi karet, besi dan pengaitnya.

2. Tarik batang wiper dari kaca

Saat mobil diparkir diluar dibawah sinar matahari, pastikan karet wiper terangkat dari kaca depan agar tidak mengalami kerusakan karena tekanan panas berlebihan. Setelah suhu kembali stabil, kembali rekatkan kembali batang wiper dengan kaca depan, lalu coba ditekan saklar wiper kemudian lihat kinerjanya saat menghapus air.

3. Gunakan cairan khusus wiper

Cara merawat karet wiper mobil yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Saat anda mencuci wiper, gunakan cairan khusus yang direkomendasikan. Tujuannya agar karet wiper lebih awet dan bersih. Namun jangan terlalu sering menggunakannya, sewajarnya saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Cara Merawat Karet Wiper Mobil Yang Benar"