Kenali Sejak Dini, Ini Tanda-tanda CVT Motor Rusak

Tanda-tanda CVT motor rusak-Sebagian besar motor teranyar yang dikeluarkan pabrikan menggunakan CVT sebagai sistem penggerak. Karena CVT benar-benar sangat vital, komponen ini harus selalu diperhatikan, bukan hanya saat perawatan berkala saja. CVT sewaktu-waktu bisa rusak, tidak bergantung pada lamanya pemakaian.

Jika CVT motor sudah rusak, tidak akan mungkin ada kenyamanan saat berkendara. Maka, anda perlu mengenali dengan teliti tanda-tanda CVT motor rusak. Tidak sulit kok untuk mengenali tanda-tandanya. Berikut ini tanda-tanda CVT motor rusak yang harus anda ketahui.

Tanda-tanda CVT motor rusak

1. V-Belt rusak

Komponen yang satu ini mirip dengan timing belt mobil jadul. Bentuknya seperti rantai namun sangat vital buat sistem penggerak CVT. Gejala-gejala v-belt rusak akan dikenali dengan adanya suara berisik dn mendengung yang berasal dari dalam CVT.

2. Pulley aus

Saat pulley bermasalah maka kinerja motor pasti terganggu juga. Motor tidak akan maksimal mengeluarkan potensinya saat dikendarai. Pulley bisa alami disfungsi jika motor mengangkut benda yang sangat berat sehingga pulley secara perlahan tergerus.

3. Roller menipis

Fungsi roller adalah mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi. Roller harus diganti ketika motor memiliki jarak tempuh sekitar 20.000-24.000 km. Jika tidak diganti, pada saat mengendarai motor agak tersendat. Kemudian timbul suara dengungan.

4. Gear rasio rusak

Komponen gear rasio bisa aus karena lamanya pemakaian motor. Biasanya ditandai dengan bunyi dengungan yang cukup keras, kemudian agak berat saat dikendarai. Jangan sepelekan komponen yang satu ini, periksakan ke bengkel jika ada masalah. Dengan demikian, kerusakan tidak akan melebar ke komponen yang lain.

5. Kampas kopling aus

Tanda-tanda CVT motor rusak yang terakhir yaitu Kampas Kopling mulai bermasalah. Seperti diketahui, motor matik memakai kampas kopling ganda. Jadi, ketika kampas kopling mulai aus, power yang didistribusikan tidak optimal. Tanda-tanda kerusakan komponen ini bisa berupa hebatnya getaran yang terasa. Kemudian sangat berat saat berakselerasi.

Posting Komentar untuk "Kenali Sejak Dini, Ini Tanda-tanda CVT Motor Rusak"