Wajib Tahu!! Ini Cara Menyelamatkan Diri Sewaktu Gempa Bumi Terjadi

Cara menyelamatkan diri sewaktu gempa bumi terjadi-Masyarakat masih terus diingatkan pentingnya mengantisipasi bencana alam sejak dini. Tujuannya agar masyarakat bisa terlindungi dan punya cukup waktu untuk menyelamatkan diri. Salah satu bencana alam yang patut diwaspadai semua masyarakat adalah gempa bumi.

Gempa bumi seringkali datang secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi. Nah, karena tidak bisa diprediksi, banyak orang akhirnya meregang nyawa karena belum memahami cara menyelamatkan diri sewaktu gempa bumi terjadi. Apakah anda sudah mengetahui cara menyelamatkan diri sewaktu gempa bumi terjadi? kalau belum, berikut ini kami jelaskan caranya.

Cara menyelamatkan diri sewaktu gempa bumi terjadi

1. Bergegas keluar dari ruangan

Sebisa mungkin jangan bertahan didalam ruangan saat gempa terjadi. Biasanya atap rumah atau ruangan, dinding dan barang-barang berat lain akan rubuh menimpa apapun yang berada didalamnya. Lebih baik tinggalkan barang-barang berharga lalu sebisa mungkin berlari kencang menuju titik evakuasi terakhir.

2. Jangan langsung panik

Salah satu hal tercepat yang harus anda lakukan adalah jangan panik. Tetaplah tenang saat gempa terjadi. Jika anda tetap tenang, anda pasti bisa berpikir jernih. Pikiran yang jernih bisa membuat anda mengambil keputusan yang tepat saat gempa bumi terjadi. 

3. Jangan menggunakan lift

Saat terjadi gempa bumi, upayakan untuk menggunakan tangga daripada lift. Berdasarkan beberapa pengalaman yang terjadi, orang-orang yang menggunakan lift malah terjebak didalamnya, tidak dapat keluar dikaarenakan instalasi listrik terputus. 

4. Ikuti jalur evakuasi

Nah, di gedung atau perhotelan biasanya terdapat jalur evakuasi(tempel dinding). Sebisa mungkin ikutilah jalur evakuasi yang telah ditentukan. Jangan berlambat-lambat saat menyusuri jalur evakuasi. Upayakan berada di titik evakuasi terakhir, agar jiwa anda tetap aman.

5. Jauhi pantai

Gempa bumi yang cukup kuat biasanya diikuti dengan tsunami yang sangat mematikan. Ini pernah terjadi di Indonesia maupun di Jepang. Sesaat setelah gempa, pergilah ketempat yang lebih tinggi, entah itu pegunungan atau perbukitan. Setelah sampai disana, upayakan mengikuti instruksi kalangan yang berwenang agar anda dan keluarga tetap selamat.

6. Jauhi pohon dan tiang listrik

Cara menyelamatkan diri sewaktu gempa bumi terjadi yang selanjutnya adalah dengan menjauhi pohon dan tiang listrik. Saat berada diluar ruangan, jangan berada dibawah pohon atau tiang listrik. Guncangan gempa bumi yang cukup kuat bisa membuat pohon dan tiang listrik tumbang sehingga menimpa orang berada dibawahnya. Tetaplah berada diarea kosong, dari pepohonan, tiang maupun gedung-gedung tinggi.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu!! Ini Cara Menyelamatkan Diri Sewaktu Gempa Bumi Terjadi"