Apa Saja Fungsi Minyak Gemuk di Dunia Otomotif? Ini Beberapa Diantaranya

Fungsi minyak gemuk-Sewaktu turun mesin atau memperbaiki bagian kolong mobil, pasti dibutuhkan minyak gemuk. Pelumas yang satu ini cukup familiar dikalangan mekanik motor maupun mobil karena perannya cukup signifikan untuk melumasi setiap komponen. Sebegitu pentingnya minyak gemuk, pelumas yang satu ini tidak pernah dilupakan sewaktu dilakukan perbaikan dalam skala besar.

Nama lain minyak gemuk yaitu grease. Minyak gemuk memiliki karakter gabungan zat pengental dengan pelumas cair, tahan terhadap gesekan yang cukup kuat, kemudian tahan terhadap suhu panas. Selain itu minyak gemuk juga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama asalkan kemasannya ditutup rapat. Berikut ini 6 fungsi minyak gemuk

Fungsi minyak gemuk

1. Mencegah keausan pada komponen mobil

Setiap komponen di mobil pasti ada yang saling bergesekan. Maka minyak gemuk memiliki fungsi untuk mencegah kerusakan akibat beberapa komponen terlalu sering bergesekan. Selain itu, komponen-komponen bisa tetap tahan lama walaupun sudah sering digunakan.

2. Mencegah karat pada bearing roda

Bearing roda terletak dibagian dalam, tapi bisa berkarat karena rembesan air atau terkena zat lain. Untuk mencegah proses terbentuknya karat, maka mengoleskan minyak gemuk bisa jadi solusinya. Selain itu, bearing roda jadi lebih lama masa pakainya.

3. Mencegah suara dengung

Terjadinya gesekan antar komponen khususnya di bagian kolong dan roda mobil, bisa menimbulkan bunyi dengungan yang cukup mengganggu. Bahkan suara bisingnya bisa mengalihkan pandangan orang lain saat berkendara. Memberikan minyak gemuk di sekitar bearing roda dan komponen lain dibagian kaki-kaki mobil bisa meminimalisir bunyi dengungan.

4. Mencegah terjadinya kebocoran seal oli

Hal yang umum terjadi di bagian pompa oli adalah adanya kebocoran pada bagian seal. Ini disebabkan tekanan panas berlebih di sekitar seal oli. Untuk mencegah terjadinya kebocoran, ada baiknya saat pergantian seal oli, jangan lupa untuk mengoleskan minyak gemuk di pinggiran seal.

5. Mencegah kotoran menempel pada komponen mobil

Fungsi minyak gemuk yang selanjutnya adalah meminimalisir kotoran yang menempel di sekitar komponen mobil. Bagian kaki-kaki mobil seringkali dihinggapi debu sehingga bisa menyebabkan kerusakan secara perlahan. Gunakan minyak gemuk agar kotoran bisa terangkat dari permukaan komponen kaki-kaki mobil.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Fungsi Minyak Gemuk di Dunia Otomotif? Ini Beberapa Diantaranya"