Kamu Wajib Tau!! Ini 4 Penyebab Aki Motor Tekor

Penyebab aki motor tekor-Bagaimana jika motor yang anda kendarai tiba-tiba mogok? pasti anda kesal bukan main. Salah satu penyebab klasik kenapa motor bisa mogok adalah aki tekor. Ini yang seringkali luput dari perhatian setiap pengendara motor, mungkin karena kurangnya informasi soal penyebab sebenarnya mengapa aki bisa tekor.

Harus diakui, aki berperan sangat penting dalam sistem kelistrikan motor. Tanpa aki, jangan harap bisa menyalakan motor berikut komponen-komponen elektrikal. Nah, untuk itu anda harus mengetahui apa penyebabnya aki tekor. Berikut ini penyebab aki motor tekor.

Penyebab aki motor tekor

1. Modifikasi headlamp

Faktor pertama kenapa aki motor tekor adalah banyaknya modifikasi pada bagian elektrikal. Bagian-bagian yang sering dimodifikasi adalah lampu depan, lampu sein maupun lampu tambahan. Modifikasi pada bagian lampu membutuhkan arus yang cukup besar sehingga lambat laun aki jadi tekor.

2. Aki kotor

Kebersihan motor bukan hanya pada bagian bodi dan fairing, tapi juga bagian aki. Karena jarang disentuh, aki bisa berdebu, kotor dan berpasir. Kondisi ini membuat distribusi arus terkendala sehingga membuat aki tekor. Rutin membersihkan aki bisa membuat kabel dan penghantar tetap berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga kinerja motor tetap oke.

3. Motor tidak pernah dinyalakan tapi tombol on

Yang harus diketahui setiap pengendara motor adalah memastikan tombol dalam keadaan off saat motor tidak lagi dinyalakan. Tujuannya adalah arus listrik di motor tidak bekerja walaupun dalam skala yang kecil. Ini sangat penting jika ingin aki motor anda tetap awet.

4. Trouble di bagian kiprok

Penyebab aki motor tekor yang berikutnya adalah adanya trouble di bagian kiprok. Komponen ini merupakan pengatur pengisian aliran listrik pada baterai/aki. Jika komponen ini rusak, secara perlahan bisa membuat aki alami disfungsi. Arus listrik yang masuk ke komponen-komponen lain di mobil tidak akan optimal.

Posting Komentar untuk "Kamu Wajib Tau!! Ini 4 Penyebab Aki Motor Tekor"