Mengenali Dengan Teliti 5 Penyebab AC Mobil Rusak

Penyebab AC mobil rusak-Ketika berada di dalam kabin mobil, sistem pendingin harus berjalan optimal agar anda merasakan kenyamanan. Namun, kadang AC mobil terasa kurang dingin sehingga anda merasa gelisah ketika berada di dalam mobil. Apakah ini pertanda AC mobil telah rusak? Bisa jadi ya.

Memang, AC mobil tidak terasa dingin belum tentu menandakan sistem pendingin telah alami kerusakan. Tapi, dilihat dari sebagian besar kasus yang terjadi, perubahan suhu udara di dalam kabin memang disebabkan oleh kerusakan pada komponen-komponen AC yang tersemat di mobil. Apa saja penyebab AC mobil rusak? berikut ini 5 penyebabnya.

Penyebab AC mobil rusak

1. Merokok didalam kabin

Merokok didalam mobil sangat tidak disarankan. Selain bisa membuat plafon dan bagian-bagian interior menguning, asap rokok juga membuat filter AC menjadi kotor. Asap rokok juga membuat bagian-bagian inti AC bekerja lebih keras daripada biasanya seperti kompresor dan evaporator.

2. Pewangi yang tidak tepat

Pewangi yang digunakan didalam kabin mobil tidak boleh sembarangan. Disarankan untuk memakai pewangi cair saja bukan gel. Tujuannya agar tidak ada zat yang mengendap di bagian evaporator. Selain itu, pewangi cair juga lebih praktis saat digunakan.

3. Buka jendela saat AC aktif

Sirkulasi udara saat kaca mobil dibuka tidak akan optimal. Hal ini semakin menambah beban kerja kompressor karena adanya tekanan udara berlebih dari luar. Maka, disarankan saat AC dalam keadaan aktif, kaca pintu depan dan belakang hendaknya ditutup rapat-rapat.

4. Kabin mobil penuh debu

Salah satu penyebab AC mobil rusak yang cukup sering ditemui adalah bagian kabin kotor berdebu. Saat AC aktif, filter AC akan menyerap sirkulasi udara yang telah bercampur dengan debu. Hasilnya filter AC jadi lebih cepat kotor dan lama-kelamaan bisa merusak evaporator AC.

5. AC aktif tapi engine mobil mati

Beberapa orang tidak memahami bahwa saat AC dalam keadaan aktif, mesin mobil jangan dimatikan. Kerja dinamo kipas AC akan semakin berat. Dinamo kipas AC untuk mendinginkan kondensor yang juga secara aktif bekerja saat AC menyala. Lama-kelamaan Dinamo kipas AC juga bisa rusak.

Posting Komentar untuk "Mengenali Dengan Teliti 5 Penyebab AC Mobil Rusak"