Wajib Tau Masbro, Ini 4 Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Rusak

Cara memperbaiki klakson motor yang rusak-Sebagai pengendara sepeda motor, anda harus mengenal dengan baik fitur-fitur yang tersemat di motor yang anda gunakan. Salah satu fitur yang harus diketahui cara penggunaannya adalah klakson. Fitur ini sangat vital karena berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Bisa saja suatu waktu klakson tidak berfungsi, entah karena rusak atau ad trouble di bagian kabel. Jika klakson sudah rusak, anda harus lebih ekstra hati-hati saat di jalan raya. Kadang-kadang pengendara yang lain tidak menyadari motor anda ingin mendahului jika anda tidak membunyikan klakson.

Maka, jika klakson motor anda sudah rusak, jangan berlama-lama menunda untuk memperbaikinya. Memang, klakson termasuk bagian elektrikal yang tersemat di motor, jadi harus ditangani mekanik yang bersertifikasi. Tapi jika anda punya basic di bagian elektrikal, tidak salah juga untuk memperbaikinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Berikut ini cara memperbaiki klakson motor yang rusak.

Cara memperbaiki klakson motor yang rusak

1. Ganti aki yang soak

Cara pertama memperbaiki klakson motor yang rusak yaitu mengecek kondisi aki motor. Klakson adalah bagian dari sistem elektrikal dalam motor, jadi berhubungan erat dengan aki. Pelajari tanda-tanda aki motor sudah soak lalu perhatikan kondisi aki dengan baik. Jika aki sudah rusak, segera ganti aki agar klakson bisa berfungsi kembali.

2. Periksa saklar klakson motor

Penyebab lain klakson mati atau tidak mau berbunyi adalah adanya karat di saklar klakson motor. Anda bisa membersihkan karat yang terdapat di saklar klakson dengan menggunakan cairan pembersih karat untuk rantai motor. Karat pada saklar klakson motor ternyata dapat membuat klakson motor mengeluarkan suara kecil, hingga lama kelamaan menjadi mati.

3. Periksa baut klakson

Suara klakson motor tidak terlalu terdengar atau bahkan meredup, bisa jadi karena baut pengatur klakson motor sudah kendor. Jangan berlama-lama untuk memperbaikinya, coba kencangkan baut yang ada di klakson motor. Lalu lakukan ujicoba apakah suara klakson menjadi lebih jelas.

4. Kabel putus disambung

Cara memperbaiki klakson motor yang rusak yang selanjutnya adalah menyambungkan kabel klakson motor yang terputus. Bersihkan terlebih dahulu kabel-kabelnya lalu sambungkan platina yang terputus. Kemudian lakukan percobaan terlebih dahulu. Jika klakson sudah menyala, anda harus menutup kabel dengan selotip.

Posting Komentar untuk "Wajib Tau Masbro, Ini 4 Cara Memperbaiki Klakson Motor Yang Rusak"