3 Cara Membersihkan Filter AC Mobil Tanpa Bantuan Teknisi

Cara membersihkan filter AC mobil-Menjaga sirkulasi udara tetap bersih di dalam kabin mobil memang tidak mudah. Ada beberapa faktor yang membuat udara di dalam kabin terasa tidak bersih, salah satunya yaitu terlalu sering membuka kaca power window saat mobil dalam keadaan diam maupun saat mobil melaju.

Terlalu sering membuka kaca power window bisa membuat debu atau kotoran mudah masuk ke dalam kabin mobil. Nah, ini berdampak pada filter AC mobil. Lama-kelamaan filter AC bisa menjadi kotor sehingga memengaruhi kualitas sirkulasi udara di bagian interior atau kabin.

Maka anda sebagai pemilik mobil harus rutin memerhatikan kondisi filter AC. selain memeriksa kondisinya, anda juga membersihkan filter AC tanpa bantuan tim service di dealer lho. Caranya gak sulit kok masbro. Berikut ini cara membersihkan filter AC mobil tanpa bantuan teknisi.

Cara membersihkan filter AC mobil

1. Ketuk beberapa kali

Saat membuka glove box, bisa jadi anda melihat filter AC sudah mulai menghitam akibat banyaknya debu yang melekat. Untuk itu, cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengetuk-ngetukan filter AC ke lantai atau ke benda keras sehingga debu secara perlahan bisa berkurang. Memang debunya tidak semuanya hilang, namun cara ini setidaknya cukup membantu sementara waktu.

2. Mencuci filter AC

Jika anda merasa tidak puas hanya dengan mengetuk-ngetukkannya, bisa juga dengan mencuci filter ACnya. Hanya saja ada dampak yang akan terjadi belakangan. Setelah dilakukan pencucian, filter AC malah jadi berbulu sehingga menghambat sirkulasi udara di sekitar kabin. 

3. Membersihkan memakai angin kompresor

Cara membersihkan filter AC mobil yang selanjutnya adalah menggunakan angin kompresor. Membersihkan debunya dengan tekanan angin berkekuatan maksimal memang cukup bagus, namun cukup sulit untuk menjadikan filter AC bersih kembali. Pasti ada debu yang masih tertinggal. Maka sangat disarankan untuk mengganti filter AC dengan yang baru saja, agar sirkulasi udara membuat anda semakin nyaman saat berkendara.

Posting Komentar untuk "3 Cara Membersihkan Filter AC Mobil Tanpa Bantuan Teknisi"