7 Cara Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi Yang Berkepanjangan

Cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi-Tidak mudah menjaga tubuh tetap fit dan sehat di masa pandemi. Perubahan yang terjadi bisa membuat stamina semakin menurun hingga akhirnya virus semakin mudah masuk ke dalam tubuh. Dahulu sebagian besar orang bisa beraktivitas diluar rumah, sedangkan sekarang, banyak orang harus beraktivitas di rumah saja.

Beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang tetap sehat. Kenapa? karena aktivitas di rumah membuat tubuh tidak terlalu banyak bergerak. Biasanya aktivitas terkesan monoton alias itu-itu saja. Mandi, makan, bekerja di depan komputer, mengerjakan pekerjaan rumah dan tidur merupakan kegiatan yang rutin dilakukan selama masa pandemi.

Cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi harus benar-benar diperhatikan. Tubuh yang cenderung tidak banyak bergerak bisa berdampak negatif. Jika dibiarkan terlalu lama, penyakit-penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung bisa datang tiba-tiba. Maka, sebisa mungkin upayakan untuk bergerak walaupun sedang berada dirumah.

Selain itu, survey menunjukkan orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di rumah cenderung alami stres. Apakah ini benar? ya ada benarnya juga. Pembatasan pergerakan masyarakat yang dilakukan pemerintah, membuat orang-orang tidak bisa berinteraksi dengan keluarga maupun orang lain. Ini bisa jadi pemicu stres.

Pada kenyataannya, cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi tidaklah mudah. Kebanyakan orang lebih suka bermain gadget dan game daripada melakukan aktivitas yang banyak pergerakan. Padahal kalau tubuh berkeringat setelah melakukan aktifitas yang menuntut fisik, itu justru bagus bagi tubuh.

Sampai saat ini, pandemi masih berlangsung. Ini membuat banyak orang masih harus berada di rumah, walaupun beberapa pembatasan sudah mulai dilonggarkan. Dengan adanya kelonggaran, Ini tidak berarti anda harus mengendurkan kewaspadaan juga. Tetaplah waspada dan jagalah selalu stamina tubuh. Berikut ini kami akan paparkan 7 cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi.

Cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi

1. Berolahraga di rumah

Cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi yang pertama adalah dengan melakukan olahraga di rumah. Jika Anda terbiasa pergi ke gym pada waktu tertentu, saat musim hujan datang mungkin Anda enggan untuk latihan di sana. Karenanya, tetaplah berolahraga di rumah dengan membuat suasana rumah seperti di gym supaya Anda memiliki tingkat semangat yang sama. Mulailah dengan pemanasan sederhana. Lakukan latihan seperti lari cepat selama beberapa menit.

2. Naik turun tangga

Jika rumah anda berlantai dua, tidak ada salahnya sesering mungkin naik turun tangga agar stamina tubuh lebih terjaga. Tangga di rumah Anda juga bagus untuk berolahraga. Anda cukup naik turun beberapa kali. Ini mengencangkan tubuh bagian bawah dan memperkuat inti.

3. Latihan kekuatan otot

Latihan beban tubuh seperti push-up, sit-up, dan mengangkat beban sangat berguna untuk meningkatkan kekuatan otot. Selain itu banyak hal lain lagi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan massa otot. Dengan otot yang baik, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pekerjaan tanpa merasa cepat lelah.

4. Lakukan pekerjaan rumah tangga

Saat berada di dalam rumah, banyak hal yang bisa dilakukan selain berolahraga. Pekerjaan rumah tangga juga merupakan cara terbaik untuk tetap bugar. Membersihkan lemari pakaian, menyapu rumah, mencuci pakaian dengan tangan dan mencuci piring. Selain itu, memindahkan barang-barang yang cukup berat juga perlu untuk kesehatan tubuh.

5. Banyak minum air putih

Meminum air putih secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh di masa pandemi. Meminum air putih membantu tubuh terhindar dari dehidrasi yang tentunya membahayakan bagi tubuh. Sangat disarankan untuk meminum air 230 ml per hari atau sekitar 2 liter per hari.

6. Jogging di halaman rumah

Selain berolahraga didalam rumah, anda bisa juga berolahraga di luar rumah, di sekitar halaman rumah. Cobalah untuk berlari kecil di halaman rumah sambil mengatur pernafasan dengan baik. Barengi juga dengan olahraga lain seperti push-up dan sit-up. Biasanya hasilnya bisa dirasakan 1-2 minggu berikutnya.

7. Tetap berpikir positif

Cara menjaga stamina tubuh di masa pandemi yang terakhir adalah tetap menjaga pikiran selalu positif. Sudah pasti pandemi yang berkepanjangan membuat anda stres. Selanjutnya stres bisa membuat imun tubuh semakin berkurang sehingga penyakit mudah masuk ke tubuh. Maka selalu jaga pikiran tetap positif, agar imun tubuh tetap bagus sehingga penyakit bisa dicegah.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Stamina Tubuh di Masa Pandemi Yang Berkepanjangan"