Ini Fungsi Tongkat Pengukur Oli Mesin Mobil

Fungsi tongkat pengukur oli mesin-Secara rutin setiap pemilik mobil harus rutin memeriksa kondisi oli mesin demikian pula takaran oli mesin. Kenapa ini harus dilakukan? Itu sangat penting untuk mengetahui apakah oli mesin semakin berkurang volumenya.

Tongkat pengukur oli mesin atau dipstick terdapat di ruang engine. Jadi, tidak terlalu sulit untuk membukanya. Cara penggunaan dipstick tinggal masukkan kembali dipstik hingga ujung, dan tarik. Biasanya ukuran atau level oli mesin bisa diperhatikan di tiga kondisi berbeda. Paling bawah atau low menunjukkan titik minimum, sedangkan paling atas ialah maksimum. Tapi, kalau posisi garis batas di bawah low itu berarti kapasitas oli kurang dan bisa ditambah sesuai dengan keadaan.

Jika kualitas oli sudah menurun dan volumenya berkurang, segeralah berkonsultasi dengan tim service di dealer yang direkomendasikan. Namun, jika anda merasa ada yang tidak beres, segera saja bawa ke mobil ke bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sangat disarankan untuk mengecek volume oli dan kualitasnya, saat mesin dalam keadaan tidak dinyalakan. Apa tujuannya? Jika ruang mesin dalam kondisi yang cukup dingin, anda lebih mudah memegang dipstick maupun ruang mesin. Demikian pula, tetesan oli yang terdapat di ujung dipstick bisa dipegang dengan jari, tanpa memakai sarung tangan.

Upayakan untuk melakukan pengecekan di area yang punya tekstur lantai yang rata. Ini bertujuan agar saat melakukan pengecekan kondisi dan volume oli mesin, hasil yang didapatkan bisa lebih akurat. Demikianlah artikel tentang fungsi tongkat pengukur oli mesin ini kami paparkan. Semoga bermanfaat ya.

Posting Komentar untuk "Ini Fungsi Tongkat Pengukur Oli Mesin Mobil"