Kenapa Power Steering Terasa Berat? Ini Penyebab Utamanya Menurut Praktisi Otomotif

Power steering terasa berat-Seperti halnya transmisi dan engine, power steering ternyata punya pengaruh yang cukup besar di mobil. Saat mobil melaju, kemudi mobil lebih mudah diarahkan entah itu saat berakselerasi atau di tikungan. Inilah alasannya kenapa mobil yang menggunakan power steering lebih banyak dipilih ketimbang yang tidak menggunakan power steering.

Pada umumnya, mobil terbaru menggunakan power steering. Jika membuka kap mesin, pasti terlihat tabung power steering beserta selang-selang P/S yang saling berhubungan. Namun jika melihat dari bagian kaki-kaki mobil, maka akan terlihat satu komponen power steering yang cukup vital yaitu gearbox power steering.

Lalu bagaimana cara mengetahui ada masalah di bagian power steering? Cara yang paling sering dilakukan adalah dengan menggerakkan kemudi sembari mengetes mobil di jalan yang berlubang. Setelah dilakukan pengetesan biasanya akan ketahuan, apakah bagian power steering masih bagus atau sedang bermasalah.

Selain itu, kenapa power steering terasa berat? Biasanya mobil yang menggunakan sistem elektrik power steering (EPS) umumnya akan terdengar ada bunyi-bunyi pada saat setir dibelokkan. Ada kemungkinan gearboxnya yang bermasalah, tapi bisa juga rack end dan tie rod yang rusak. Jika ada yang bersuara di bagian rack steering, maka segera periksakan mobil ke bengkel.

Sedangkan untuk power steering yang menggunakan cairan seperti minyak P/S, karena menggunakan cairan untuk membantu kerja power steering, ada kemungkinan suatu waktu alami kebocoran. Maka, perlu adanya pemeriksaan lebih teliti di bagian seal yang mulai aus karena faktor usia pemakaian.

Posting Komentar untuk "Kenapa Power Steering Terasa Berat? Ini Penyebab Utamanya Menurut Praktisi Otomotif"