Mengenali Tanda-tanda Pengendara Mobil Kelelahan Saat Berkendara

Tanda-tanda pengendara mobil kelelahan-Kecelakaan di jalan raya kadang terjadi karena kesalahan dari pengendara. Berdasarkan survei di lapangan, sebagian besar kecelakaan mobil di jalan raya berawal dari kelelahan. Ini sesuatu yang sulit dihindari karena pengendara memang rentan alami kelelahan apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh.

Setidaknya ada beberapa penyebabnya kenapa pengendara mobil rentan alami kelelahan. Yang pertama adalah kurang tidur. Ada saat-saat dimana pengendara mobil terlalu memaksakan diri untuk terus berkendara padahal sudah waktunya untuk beristirahat. Yang seharusnya jam 22.00-23.00 sudah beristirahat, namun tetap memilih untuk berkendara. Tentu saja kondisi ini membahayakan pengendara maupun penumpang.

Penyebab selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak menyehatkan. Ini jarang sekali jadi perhatian buat setiap pengendara mobil. Mungkin pengendara berpikir tidak ada hubungan makanan dan minuman dengan kelelahan atau kantuk. Padahal itu berhubungan erat.

Nah, jika pengendara mobil mulai merasakan kelelahan sebaiknya untuk menepikan mobil untuk beristirahat saja. Bisa juga beristirahat di hotel setempat, jika posisi tidur kurang begitu nyaman. Apa saja tanda-tanda pengendara mobil kelelahan? Berikut ini tanda-tandanya.

1. Kurang responsif, suatu keadaan dimana pengendara cukup lambat responnya ketika ada situasi yang membutuhkan tindakan cepat seperti misalnya ada mobil dari arah berlawanan yang melaju kencang sambil menyalip mobil didepannya. Tentunya sebagai pengendara harus bergerak cepat agar tidak terjadi kecelakaan.

2. Mengantuk, suatu kondisi dimana mata secara perlahan mulai tertutup tapi tidak dalam kondisi tertidur. Bahkan yang lebih parahnya alur mobil mulai berubah karena mata mulai tidak fokus. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan kendaraan keluar jalur, masuk ke lembah yang curam atau kecelakaan parah di jalan raya.

3. Tertidur saat mobil melaju, beberapa kecelakaan yang amat parah dijalan raya seperti kecelakaan laga kambing disebabkan pengendara tertidur ketika sedang berkendara. Situasi ini membuat pengendara tiba-tiba terhentak dan terkejut karena tidak bisa lagi mengendalikan kendaraan ke arah yang tepat.

Posting Komentar untuk "Mengenali Tanda-tanda Pengendara Mobil Kelelahan Saat Berkendara"