Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Ciri-ciri Mobil Sudah Pernah Turun Mesin

Ciri-ciri mobil sudah pernah turun mesin-Beberapa orang tertarik membeli mobil bekas di masa pandemi karena keterbatasan dana yang dimiliki. Bisa jadi berpikir, dana yang tersisa bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain. Tapi, tahukah anda membeli mobil bekas tidak boleh sembarangan? Dibutuhkan kehati-hatian sewaktu membeli mobil bekas.

Pemeriksaan dengan teliti sangat dibutuhkan sewaktu membeli mobil bekas. Seringkali si penjual tidak akan memberikan informasi apakah mobil tersebut pernah turun mesin atau memiliki kerusakan yang lain disebabkan oleh kecelakaan. Informasi seperti itu tidak akan diberitahu, kecuali anda menemui penjual yang jujur.

Yang harus diperhatikan adalah apakah mobil yang akan anda beli pernah alami turun mesin. Ini sangat penting karena kendaraan yang anda gunakan bisa punya masalah yang cukup besar setelah sebelumnya pernah alami turun mesin atau overhaul. Yang harusnya mengurangi pengeluaran, yang terjadi malah sebaliknya.

Maka, apa yang harus anda lakukan sewaktu membeli mobil bekas. Memang sulit terlihat secara langsung, namun harus ada pengamatan dengan teliti. Setelah mengamati dengan teliti, anda pasti mengetahui ciri-ciri mobil sudah pernah turun mesin. Berikut ini ciri-cirinya.

Ciri-ciri mobil sudah pernah turun mesin 

1. Segel mesin baru 

Ciri-ciri pertama bisa dilihat dari adanya segel mesin baru. Biasanya proses perakitan komponen mesin membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apalagi jika blok mesin juga diganti. Nah, ini akan terlihat sebenarnya bahwa mesin yang sudah dirakit kembali akan menggunakan seal silikon yang secara perlahan akan mengeras. Cara mengetahuinya cukup mudah, naikkan mobil ke atas forklift. Jangan terlalu tinggi, lalu perhatikan mesin dengan baik. Ini mencakup blok mesin, cylinder head dan beberapa komponen mesin yang lain.

2. Terdapat bekas di lubang baut  

Seperti yang dikomentari sebelumnya, proses perakitan saat turun mesin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Khususnya saat membuka baut-baut yang terdapat di bagian blok mesin. Perhatikan dengan seksama apakah baut-baut di sekitar blok mesin dan cylinder head terdapat bekas dibuka yang cukup kentara. Itu terjadi karena baut yang dilepas cukup sulit untuk membukanya dikarenakan adanya karat atau kotoran yang sudah melekat. Bekas goresan di sekitar baut, bisa menjadi dasar untuk anda bertanya apakah mobil tersebut sebelumnya pernah turun mesin.

3. Ruang mesin bersih  

Ciri-ciri yang selanjutnya yaitu ruang mesin terlihat lebih bersih. Kenapa bisa terlihat bersih? Saat mobil turun mesin, sudah pasti mesin akan dilepas dan dilakukan pemeriksaan dan perbaikan. Biasanya tim repair juga akan membersihkan ruang mesin. Nah, ini layak jadi perhatian anda. Jangan ragu bertanya, apakah sebelumnya telah terjadi sesuatu di bagian engine. Tentu anda butuh penjelasan yang konkret dari si penjual agar anda tidak merasakan ketidaknyamanan di kemudian hari.

4. Nyalakan mesin 

Ciri-ciri mobil sudah pernah turun mesin yang berikutnya yaitu mendengarkan suara mesin. Saat melakukan pengetesan coba dengarkan suara mesin saat mobil dalam kondisi tidak bergerak. Kemudian perhatikan juga suara mesin saat melakukan pengetesan di jalan tol. Biasanya akan ketahuan saat mobil dibawa dalam keadaan kencang dan jarak tempuh cukup jauh. Jika kemudian ada terjadi masalah, berarti mobil belum lama turun mesin dan telah terjadi sedikit trouble.

Posting Komentar untuk "Sebelum Beli Mobil Bekas, Kenali Ciri-ciri Mobil Sudah Pernah Turun Mesin"