6 Penyebab Bahan Bakar Mobil Boros Banget

Penyebab bahan bakar mobil boros-Mobil dengan bahan bakar yang efisien dan irit semakin banyak dicari sekarang ini. Penyebabnya kemungkinan besarnya biaya pengeluaran yang harus dikeluarkan masyarakat setiap tahunnya, bisa jadi untuk kebutuhan pangan. Jadi biaya pengeluaran saat menggunakan mobil juga harus bisa ditekan.

Namun yang jadi masalahnya, sebagian mobil sekarang ini konsumsi bahan bakarnya masih saja boros. Padahal telah dilakukan berbagai upaya agar bahan bakar tidak boros. Tahukah anda apa saja penyebab bahan bakar mobil boros? Berikut ini kami jelaskan beberapa diantaranya.

Penyebab bahan bakar mobil boros

1. Bahan bakar tidak sesuai

Mobil keluaran pabrik pasti mengeluarkan pedoman soal penggunaan bahan bakar. Jadi ada baiknya mengikuti petunjuk yang diberikan pabrikan. Bisa jadi ada yang berpikir mengganti bahan bakar yang tidak sesuai dengan standardnya sah-sah saja. Tapi yang harus diketahui adalah bahan bakar yang tidak sesuai malah membuat sistem pengapian di mobil tidak berjalan maksimal.

2. Penggunaan AC tidak tepat

Berdasarkan pengamatan di lapangan, beberapa pengendara yang menyetel AC ke bagian paling dingin mendapati bahan bakar mobil mereka semakin boros. Ini masuk akal karena kompressor AC akan bekerja cukup keras sehingga tenaga mesin harus lebih maksimal lagi. Jadi upayakan untuk menggunakan AC dengan tepat.

3. Saringan udara kotor

Filter udara atau nama lainnya saringan udara ternyata berpengaruh cukup signifikan pada bahan bakar. Jika saringan udara kotor, sirkulasi udara bersih kedalam engine akan tersendat. Akibatnya komponen-komponen lain dibagian engine, pengapian dan elektrikal akan bekerja cukup berat sehingga memengaruhi kinerja bahan bakar.

4. Filter bensin kotor

Bagian filter bensin atau saringan bensin benar-benar sangat vital. Jadi jangan sampai filter bensin kotor sehingga bensin yang disalurkan ke ruang bahan bakar kurang bersih. Kalau kurang bersih, maka BBM akan lebih boros. Sebagai pengingat, biasanya filter bensin akan diganti setiap 40 ribu kilometer.

5. Knalpot bocor

Salah satu penyebab bensin boros yang cukup familiar di kalangan pecinta otomotif adalah kebocoran pada sistem pengapian(knalpot). Jika terdapat lubang atau celah di bagian knalpot, pada saat pedal gas ditekan, bahan bakar yang digunakan pasti lebih besar. 

6. Telat ganti oli mesin

Penyebab bahan bakar mobil boros yang terakhir yaitu telat ganti oli mesin. Umumnya pergantian oli mesin berada di kisaran 5.000-10.000 km. Jadi kalau lewat dari 10.000 km, biasanya oli mesin akan semakin menurun kualitasnya, kerja piston tentunya akan semakin berat. Tenaga mobil kurang maksimal sehingga mengakibatkan bahan bakar mobil semakin boros.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Bahan Bakar Mobil Boros Banget"