Ban Tubeless Motor Kempes, Apa Saja Penyebabnya? Ini Penjelasan Singkatnya

Sekarang ini, ban tubeless dirasa lebih efisien penggunaannya dibandingkan dengan ban biasa. Kenapa? Ban tubeless sejatinya bisa cepat ditambal jika alami kebocoran. Ini berbeda dengan ban biasa, yang seringkali proses penambalannya memakan waktu 30-60 menit. 

Walaupun ban tubeless memiliki kelebihan ketimbang ban biasa, bukan berarti ban tubeless tidak akan pernah alami kebocoran. Seperti ban lain pada umumnya, sewaktu-waktu ban tubeless pasti akan bocor. Maka, apa saja faktor penyebab ban tubeless motor kempes?

Penyebab ban tubeless motor kempes

1. Lubang kecil di ban(halus)

Ban tubeless tidak akan bertahan lama jika sering berjalan di jalanan berkarakteristik bebatuan dan kerikil tajam. Sewaktu-waktu akan ada lubang kecil pada ban tersebut. Memang, setelah terkena kerikil tajam, ban tidak langsung mengempes, biasanya setelah 1-2 hari angin di ban ulai berkurang.

2. Pentil ban kurang rapat

Salah satu penyebab ban tubeless motor kempes yaitu pentil ban tidak terpasang dengan benar. Ini membuat udara yang ada di dalam ban secara pelan-pelan keluar. Maka, coba pastikan apakah pentilnya sudah terpasang dengan benar, kemudian berikan sedikit air pada ujung pentil untuk mengetahui apakah ada gelembung udara. Jika ada, berarti ada masalah di sekitar pentil ban.

3. Pasir yang menempel di ban

Setiap harinya ban pasti melewati berbagai macam jalanan. Ada yang berbatu, kerikil dan ada pula yang berpasir. Jangan beranggapan ban tubeless akan aman-aman saja saat melewati jalan berpasir, butiran pasir biasanya akan masuk di antara ban dan velg. Inilah yang menyebabkan adanya semacam jalur yang cukup kecil, dimana udara akan keluar dari dalam ban.

Posting Komentar untuk "Ban Tubeless Motor Kempes, Apa Saja Penyebabnya? Ini Penjelasan Singkatnya"