Berbahayakah Menggunakan Headset Saat Mengendarai Sepeda Motor? Ini Penjelasannya

Saat mengendarai motor, pandangan harus tetap fokus dan pikiran tidak mudah tersimpangkan. Jangan sampai kehilangan fokus karena kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Ada beberapa keadaan dimana pengendara motor mulai kehilangan fokus saat berkendara.

Salah satunya yaitu pengendara motor menggunakan headset saat berkendara. Bisa jadi menggunakan headset dengan tujuan untuk berkomunikasi atau mendengarkan musik. Memang cukup wajar, mengingat menggunakan headset buat semuanya jadi praktis. Tapi itu jelas sangat berbahaya. Kenapa?

Ini bahayanya menggunakan headset saat mengendarai sepeda motor:

1. Memecah konsentrasi

Menggunakan headset sambil berkendara sebenarnya bisa membuat konsentrasi jadi terpecah. Misalnya anda mulai menyetel dan mendengarkan musik yang anda sukai, biasanya anda terbawa alunan lagu dan lirik sehingga anda kurang fokus saat berkendara. Bisa jadi anda berkomunikasi dengan keluarga saat berkendara, itu pun bisa menyimpangkan perhatian anda.

2. Kabel headset bisa tersangkut

Kabel headset yang cukup panjang bisa tersangkut ke tempat lain atau tersangkut ke kendaraan lain saat berpapasan. Bahkan jika headset tidak terpasang dengan cukup ketat, itu bisa jatuh sehingga terlilit di roda sepeda motor. kondisi ini jelas sangat membahayakan anda dan penumpang. Faktor angin yang cukup kencang saat anda berakselerasi juga membuat headset bisa terlepas cukup jauh.

3. Klakson kendaraan lain tidak terdengar

Saat menggunakan headset bisa jadi anda membesarkan volumenya agar musik lebih terdengar jelas. Nah, itu bisa memberi dampak buruk karena klakson peringatan dari pengendara lain malah tidak terdengar. Akibatnya cukup fatal, kecelakaan sulit dihindari. Maka perhatikan dengan baik, pengingat-pengingat diatas agar anda tetap aman saat berkendara.

Posting Komentar untuk "Berbahayakah Menggunakan Headset Saat Mengendarai Sepeda Motor? Ini Penjelasannya"