Bikers Wajib Tau, Ini 4 Penyebab Suspensi Motor Terasa Keras

Penyebab suspensi motor terasa keras-Bukan hanya bagian mesin dan pengereman, bagian suspensi di motor juga perlu diperhatikan. Anda tidak akan nyaman saat mengendarai motor jika suspensinya rusak ataupun bermasalah. Untuk itu, kenali sejak awal tanda-tandanya suspensi mulai alami masalah.

Beberapa tanda-tandanya antara lain adanya bunyi yang tidak biasa disekitar suspensi, posisi duduk penumpang agak menurun dan suspensi motor terasa keras. Ini tentunya tidak bisa dianggap sepele karena berhubungan dengan keselamatan berkendara juga. 

Selain mengetahui tanda-tanda suspensi mulai bermasalah, anda juga perlu mengetahui penyebab suspensi motor Anda terasa keras. Berikut ini kami jelaskan dengan terperinci apa saja penyebab suspensi motor terasa keras beserta keterangan singkatnya.

Penyebab suspensi motor terasa keras

1. Ganti oli shockbreaker

Jangan pernah beranggapan oli shockbreaker tidak perlu diganti. Beberapa pengendara yang tidak mengganti olinya, mendapati suspensi motor mereka dalam keadaan terasa keras. Saat motor melewati jalan berlubang ditambah adanya beban yang berat diatas motor, bisa dipastikan shockbreaker akan bekerja lebih berat. Untuk itu perhatikan olinya dengan baik. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan, lebih baik oli shockbreakernya diganti dengan yang baru.

2. Hentakan berulang-ulang

Motor yang biasa membawa beban berat bisa dipastikan akan mengalami masalah pada bagian suspensinya. Perhatikan saat motor membawa beban berat, suspensi akan berayun-ayun terhentak dengan cukup keras. Nah, jika terus seperti itu, per shockbreaker akan rusak.

3. Pelumas kebanyakan

Perhatikan volume oli shockbreaker, apakah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pabrikan. Jika melebihi standard, jangan heran lama-kelamaan shockbreaker akan terasa keras. Biasanya juga akan terlihat langsung karena olinya akan mengalir ke sekitar per shockbreaker dan komponen di bagian bawah motor.

4. Garpu suspensi penyok

Penyebab suspensi motor terasa keras yang berikutnya yaitu garpu suspensi penyok. Merupakan hal yang lumrah jika motor yang sering melewati jalan berlubang dipacu dengan topspeed tinggi, mengakibatkan garpu suspensi jadi penyok. Ini membuat suspensi terasa keras dan hilang kestabilan secara perlahan di bagian belakang.

Posting Komentar untuk "Bikers Wajib Tau, Ini 4 Penyebab Suspensi Motor Terasa Keras"