Cara Mengganti Aki Mobil Secara Mandiri Tanpa Harus Ke Bengkel

Cara mengganti aki mobil-Aki yang bermasalah sudah pasti akan memengaruhi kinerja mobil. Untuk itu jangan menunda-nunda, jika sudah ada tanda-tanda aki mulai disfungsi, perlu untuk segera diganti ke aki yang baru. Harus sesegera mungkin karena aki berhubungan erat dengan sistem kelistrikan mobil. 

Celakanya, aki sudah tidak berfungsi lagi sedikit pun sehingga mesin mobil tidak bisa dinyalakan. Sudah pasti anda tidak akan bisa mengendarai mobil menuju bengkel. Tapi jangan langsung panik guys, anda juga bisa kok mengganti aki mobil dirumah, asalkan tau caranya. Ini cara mengganti aki mobil secara mandiri tanpa harus dibawa kebengkel.

Pertama-tama, anda harus mengetahui kabel mana yang harus dilepas duluan, positif atau negatif. Cara melepas kebelnya juga harus sesuai dengan panduan tim service di bengkel. Biasanya, yang dilepas terlebih dahulu adalah kabel negatif. Kemudian putar baut dan klem secara perlahan di bagian negatif terlebih dahulu kemudian yang positif, tapi jangan sampai baut dan klemnya terlepas.

Setelah itu angkat aki dengan hati-hati agar cairan di aki tidak tumpah ke bawah. Kemudian pasang aki yang baru dengan berhati-hati lalu kencangkan baut dan klemnya. Sebagai pengingat, saat melakukan proses pemasangan, dahulukan kabel positif demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya pasang kabel yang negatif.

Bagian terakhir yaitu langsung bersihkan aki yang telah dipasang. Lebih bagus menggunakan cairan anti korosi agar lebih aman. Setelah itu coba untuk menyalakan mesin mobil, perhatikan indikator panel di dashboard, apakah indikator aki masih menyala. Selanjutnya tutup kap mesin lalu kendarai mobil. Demikianlah artikel tentang cara mengganti aki mobil kami paparkan dengan singkat, semoga bermanfaat guys.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Aki Mobil Secara Mandiri Tanpa Harus Ke Bengkel"