Cara Mengontrol Emosi Yang Berkepanjangan Dalam Kehidupan

Cara mengontrol emosi-Dewasa ini, semakin banyak orang sulit mengontrol emosi. Bisa jadi karena stres berlebihan ataupun tekanan ekonomi. Akibatnya, beberapa orang melakukan tindakan yang tidak masuk akal seperti penganiayaan berat atau menghilangkan nyawa orang lain. 

Semakin hari, mengontrol emosi jadi semakin sulit untuk diterapkan dalam kehidupan. Kasih sayang antara sesama manusia mulai mendingin bahkan tidak ada sama sekali. Tapi bukan berarti emosi tidak bisa dikendalikan. Berikut ini cara mengontrol emosi yang berkepanjangan dalam kehidupan.

Cara mengontrol emosi

1. Pemeriksaan diri

Selagi sendirian dirumah penting sekali untuk melakukan pemeriksaan diri. Meluangkan waktu untuk memeriksa diri akan bermanfaat bagi emosi anda. Kenali diri anda dengan baik sembari memahami perbaikan apa yang perlu anda lakukan di masa sekarang.

2. Mencari akar masalah

Kemarahan timbul karena ada penyebabnya. Coba untuk mencari akar masalahnya, apa yang sebenarnya menyebabkan anda mudah tersulut emosi. Dengan mengetahui penyebabnya, ada kemungkinan anda lebih tenang menghadapi permasalahan yang akan datang kemudian. 

3. Pikirkan dampaknya

Sebelum tersulut emosi, pikirkan dampak yang akan terjadi belakangan. Banyak hal yang akan berubah jika anda kesulitan mengendalikan emosi, misalnya harga diri yang terluka, hilangnya kepercayaan satu sama lain bahkan nyawa orang lain bisa terancam.

4. Atur pernafasan

Cara mengontrol emosi yang berikutnya adalah dengan mengatur pernafasan. Orang yang mudah tersulut emosi cenderung kesulitan mengatur nafas, apalagi saat melakukan penganiayaan. Maka, cobalah untuk berlatih mengatur pernafasan saat berada dirumah, pasti ada manfaat yang anda akan rasakan dikemudian hari.

Posting Komentar untuk "Cara Mengontrol Emosi Yang Berkepanjangan Dalam Kehidupan"