Cara Merawat Bodi Mobil Dengan 5 Langkah Praktis

Cara merawat bodi mobil-Untuk mobil yang sering dipakai ke kantor atau urusan dinas luar kota, perawatan di bagian mesin sangatlah penting. Namun, bukan hanya bagian mesin, bagian eksterior atau bodi mobil juga harus dirawat. Terlalu sering mobil digunakan, bisa membuat bodinya kotor dan tampak tidak terawat.

Pasti anda tidak ingin bodi mobil terlihat kusam dan tidak sedap dipandang mata. Untuk itu jangan lama-lama membiarkan bodi mobil dalam keadaan kotor. Segera cuci dan lakukan perawatan pada bagian bodi mobil. Bagaimana cara merawat bodi mobil agar sedap dipandang mata? Berikut ini jawabannya.

Cara merawat bodi mobil

1. Cuci bagian eksterior

Bagian eksterior yang pertama kali harus dicuci. Yang mencakup bagian eksterior yaitu bodi luar mobil keseluruhan, kaca depan dan belakang, kaca pintu, kabin atas, bumper dan spoiler. Semua bagian ini harus dicuci dengan menyemprotkan air yang kencang. Tujuannya agar kotoran dicelah-celah yang tidak bisa dijangkau bisa dibersihkan. 

2. Semprotkan cairan pembersih

Untuk noda yang sulit dibersihkan, gunakan cairan khusus pembersih bodi mobil. Tapi ingat, cairan pembersih bisa digunakan setelah bodi mobil dicuci pakai air bersih. Cairan yang digunakan hendaknya sedikit saja. Menggunakan sedikit cairan pembersih ke bodi mobil, tidak akan membuat warna bodi berubah. Fungsi cairan tersebut hanya untuk membersihkan permukaan bodi.

3. Lap bodi mobil

Setelah bodi mobil diberi cairan pembersih, gunakan kain microfiber untuk mengelap permukaan bodi. Lap secara merata khususnya di bodi yang dicat. Sedangkan bodi yang tidak dicat, tidak perlu menggunakan cairan pembersih, cukup menggunakan air bersih saja. 

4. Rutin periksa bodi mobil

Saat mobil diparkir di garasi rumah, rutin mengecek kondisi bodi mobil. Jika ada yang lecet atau penyok, segera bawa ke bengkel body repair. Yang lecet akan dipoles menggunakan alat khusus. Sedangkan yang penyok akan di ketok magic sehingga bodi bisa kembali seperti sediakala.

5. Parkir ditempat sejuk

Agar bodi mobil tetap terawat, sangat disarankan untuk memarkirkan mobil di garasi rumah atau tempat yang cukup sejuk. Tujuannya agar warna cat bodi tidak berubah disengat panas matahari. Sebisa mungkin garasi tempat mobil diparkirkan punya ventilasi udara yang cukup.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Bodi Mobil Dengan 5 Langkah Praktis"