Evaporator AC Mobil Bocor, Apa Saja Penyebabnya?

Salah satu komponen yang cukup penting di bagian sistem pendingin mobil adalah Evaporator. Memang bagian yang paling sering dibicarakan bila menyangkut sistem pendingin yaitu kompressor, kondensor dan filter AC. Tapi jangan lupakan peran penting Evaporator AC. Jika bagian rusak, akan timbul bau yang tidak enak di ruang interior.

Walaupun cukup jarang terjadi kerusakan pada bagian Evaporator AC, bukan berarti bagian ini tetap aman dari kerusakan. Setelah menggunakan mobil dari jangka waktu 8-10 tahun, ada kemungkinan akan timbul masalah dari bagian evaporator. Biasanya ditandai dengan adanya bau yang cukup menyengat, adanya bunyi tertentu dan udara di dalam kabin tidak dingin.

Berdasarkan pengalaman tim teknisi berpengalaman di bagian AC mobil, setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan Evaporator AC alami kebocoran. Yang pertama yaitu faktor debu dan kotoran. Bisa jadi karena bagian-bagian sistem pendingin jarang dibersihkan, sirkulasi udara jadi tersendat.

Faktor yang kedua adalah usia part Evaporator. Setelah puluhan tahun, bisa jadi komponen-komponen yang tersemat di bagian Evaporator AC mulai alami disfungsi. Entah itu di bagian sambungannya, valve expansion dan refrigerant. Ini berarti ada bagian-bagian yang memang harus diganti menjadi komponen yang baru.

Jika anda merasa ada yang tidak beres di bagian sistem pendingin mobil khususnya Evaporator, jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke bengkel khusus perbaikan AC mobil. Perhatikan saat komponen-komponen AC dibongkar, apakah ada tanda-anda disfungsi atau kebocoran. Lalu beritahu bagian service AC agar segera dilakukan penanganan secepatnya.

Posting Komentar untuk "Evaporator AC Mobil Bocor, Apa Saja Penyebabnya?"