Gak Boleh Diabaikan, Begini Cara Merawat Ban Motor Yang Benar

Cara merawat ban motor-Walaupun ban cukup sering digunakan, bukan berarti perawatannya diabaikan. Ban juga harus dirawat karena masa pakainya lebih singkat, hanya 1-2 tahun. Belum lagi adanya faktor-faktor lain seperti medan yang ekstrem, cuaca yang kerap berubah-ubah dan kurang ketahanan karet ban.

Memang cukup wajar suatu saat ban makin botak. Namun jangka waktu pemakaian setidaknya bisa diperlambat dengan melakukan perawatan pada ban. Bagaimana cara merawat ban motor supaya gak cepat botak? Berikut ini penjelasan singkatnya. Mudah-mudahan bermanfaat.

Cara merawat ban motor

1. Rutin membersihkan ban

Saat motor melaju di jalan raya, ada kemungkinan pasir atau kotoran lengket di ban. Jangan menunda-nunda untuk membersihkannya. Adanya pasir atau kotoran akan membuat karet ban motor semakin terkikis. Pertama-tama, pakai sikat yang cukup keras agar pasir dan kotoran bisa terjatuh dari permukaan ban. Kemudian gunakan sabun saat mencucinya, lalu bilas dengan air bersih. 

2. Cek bagian ban

Secara berkala, anda juga harus melakukan pengecekan pada semua bagian ban motor. Lihat karet ban, apakah permukaannya sudah mulai menipis. Kemudian cek juga tekanan angin ban dengan alat pengukur yang sudah teruji. Pastikan apakah tekanan angin berlebihan atau malah berkurang.

3. Jangan bawa barang terlalu berat

Beratnya beban barang bawaan yang dibawa akan menentukan kondisi ban di kemudian hari. Untuk itu, perhatikan selalu berat barang yang dibawa, jangan sampai kelebihan beban. Dengan selalu menerapkan saran ini, bisa dipastikan ban motor selalu tetap terawat.

4. Perhatikan cara berkendara

Saat mengendarai motor, jangan terlalu sering mengerem mendadak. Ini bisa mengakibatkan karet ban semakin tipis. Kemudian saat berkendara, jangan sering melewati tekstur jalan yang berkerikil, ini juga berpengaruh besar pada ketahanan ban. Maka, selalu pastikan cara berkendara anda.

Posting Komentar untuk "Gak Boleh Diabaikan, Begini Cara Merawat Ban Motor Yang Benar"