Ini Fungsi Tutup Radiator Mobil

Fungsi tutup radiator-Komponen-komponen kecil yang tersemat di mobil ternyata tidak bisa dianggap sepele. Salah satunya adalah tutup radiator. Komponen ini terletak di bagian atas radiator, bahannya seperti alumunium yang cukup keras, dibagian bawahnya terdapat seal yang dirancang tahan terhadap tekanan panas.

Apa fungsi tutup radiator? Pada dasarnya, tutup radiator berfungsi agar menjaga tekanan ideal didalam mesin, mengingat mesin bersuhu panas saat dalam keadaan menyala. Tutup radiator bisa dikatakan sebagai penyeimbang pressure dalam sistem pendingin supaya cairan didalamnya tidak langsung mendidih sehingga menimbulkan tekanan yang luar biasa.

Selain itu, tutup radiator juga berfungsi sebagai penutup agar cairan radiator tidak meluber ke sekitar area mesin. Tekanan panas berlebih akan membuat air didalamnya naik ke permukaan, namun dapat dicegah tidak tumpah karena adanya tutup radiator.

Nah, yang menarik, dibagian atas lempengan tutup radiator terdapat angka-angka yang bervariasi seperti 0.9, 1.1, dan 1.2. Apa artinya itu? Secara sederhana, angka-angka tersebut merupakan penanda batas tekanan valve yang terdapat di tutup radiator. Setiap mobil yang berbeda tipenya, biasanya berbeda pula angka yang terdapat di tutup radiatornya.

Apakah bisa menggunakan tutup radiator yang tidak sesuai dengan standardnya? Dianjurkan untuk menggunakan yang standardnya saja. Berdasarkan pengalaman teknisi yang mengerti soal radiator, tutup radiator yang tidak standard seringkali cepat rusak karena tidak tahan akan tekanan panas.

Posting Komentar untuk "Ini Fungsi Tutup Radiator Mobil"