Kampas Rem Bunyi Berdecit, Begini Cara Mengatasinya

Kampas rem bunyi berdecit-Bagian pengereman pada motor kadang bisa mengeluarkan bunyi yang membuat telinga anda tidak nyaman. Bunyinya mirip seperti suara tikus yang sedang bersliweran di rumah. Bunyi tersebut seolah memberi tahu anda, bahwa ada yang tidak beres pada bagian kampas rem.

Beberapa pengendara mobil mulai khawatir jika mendengar bunyi berdecit di bagian rem, khususnya saat musim hujan. Nah, anda tidak perlu khawatir soal ini. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bunyi berdecit di bagian rem bisa diatasi.

Cara mengatasi kampas rem bunyi berdecit

1. Mengganti kampas rem

Cara yang paling aman untuk mengatasi bunyi berdecit dibagian rem adalah mengganti kampas rem. Tapi, harus diingat kampas rem yang dipasang harus original bukan KW. Kalau kampas rem yang terpasang tidak asli, maka tidak ada jaminan bunyi berdecit akan hilang. Lebih baik ganti kampas rem di dealer saja bukan di bengkel biasa.

2. Pakai brake cleaner

Bukan hanya terkena genangan air, pasir juga bisa menempel di sekitar bagian piringan rem. Gesekan piringan rem dengan pasir yang menempel bisa menimbulkan bunyi berdecit. Untuk menghilangkan pasir yang menempel, semprotkan brake cleaner di piringan rem dan dibagian kampas rem. Lalu gesek dengan kertas pasir yang cukup halus, agar pasir yang menempel bisa jatuh dari permukaan kampas rem.

3. Gunakan minyak gemuk

Cara selanjutnya mengatasi kampas rem bunyi berdecit adalah dengan menggunakan minyak gemuk atau grease. Caranya, oleskan minyak gemuk secukupnya di bagian kampas rem dan piringan rem. Tidak usah terlalu banyak. Minyak gemuk yang dioleskan akan meminimalisir gesekan yang terjadi antara plat dengan kampas rem.

Posting Komentar untuk "Kampas Rem Bunyi Berdecit, Begini Cara Mengatasinya"