Mengenali Dengan Teliti 4 Penyebab Mesin Mobil Overheat

Penyebab mesin mobil overheat-Salah satu kondisi pada mesin yang bisa buat panik setiap pemilik mobil adalah mesin alami overheat. Apa itu overheat? secara teknis, overheat adalah suatu kondisi dimana mesin mobil sedang berada dalam temperatur tinggi namun diikuti dengan menurunnya kinerja sistem pendingin mobil.

Kondisi seperti ini harus ditangani dengan cepat. Apabila dibiarkan cukup lama bisa mengakibatkan kerusakan serius di bagian mesin, lebih parahnya lagi, turun mesin tidak dapat dihindari. Apa saja penyebab mesin mobil overheat? perhatikan beberapa penyebabnya berikut ini.

Penyebab mesin mobil overheat

1. Oli mesin berkualitas buruk

Menggunakan oli sesuai standard pasti membuat mesin tetap terawat. Bagaimana jika oli mesin yang digunakan tidak sesuai standard atau bahkan buruk kualitasnya? Yang bisa terjadi yaitu oli mesin tidak sanggup menahan panas hingga lebih mudah menguap. Kinerja piston tidak maksimal hingga terjadi kerusakan serius di bagian mesin.

2. Motor fan rusak

Salah satu penyebab mesin mobil overheat adalah bagian kipas radiator mengalami disfungsi. Saat mesin mobil menyala, kipas radiator akan menjaga temperatur mesin mobil dalam kondisi stabil. Jika kipas radiator rusak, maka udara tidak akan mampu disedot melewati kisi-kisi yang akhirnya nanti akan terlepas ke udara bebas.

3. Radiator bermasalah

Ketika radiator bermasalah, maka kinerja mesin juga akan melambat. Radiator merupakan komponen yang cukup vital menjaga temperatur mesin tetap normal. Biasanya kerusakan terjadi dibagian tutup radiator dan selang air radiator. Komponennya tidak terlalu besar tapi pengaruhnya sangat signifikan buat kinerja radiator.

4. Thermostat rusak

Dilihat dari kacamata teknis, thermostat berfungsi sebagai komponen yang mensirkulasikan keluar masuknya air dari radiator ke engine. Saat thermostat rusak, sirkulasi air dari radiator ke mesin terputus. Akibatnya temperatur mesin akan cepat panas(overheat).

Posting Komentar untuk "Mengenali Dengan Teliti 4 Penyebab Mesin Mobil Overheat"