Mengetahui Fungsi Dan Cara Kerja Immobilizer

Sekarang ini, teknologi yang tersemat di mobil keluaran terbaru cukup canggih. Salah satunya adalah immobilizer. Komponen ini memberikan keamanan ekstra saat mobil sedang diparkir, mengingat maraknya pencurian kendaraan bermotor beserta komponen-komponen eksteriornya.

Jika ditelaah lebih jauh, immobilizer digolongkan dalam bagian elektrikal. Suatu bagian yang sangat vital yang memengaruhi kinerja mobil. Bahkan di dalam part catalog, immobilizer ditempatkan satu area dengan komponen-komponen lain seperti kunci dan switch power window. 

Lalu apa fungsi immobilizer? Komponen ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencegah mobil dari pelaku pencurian, yang secara khusus ingin membobol sistem starter. Misalnya, pelaku pencurian bisa masuk ke dalam mobil dengan merusak kaca pintu, tapi begitu sampai didalam pelaku tidak akan bisa menyalakan mesin. Kenapa pelaku tidak bisa menyalakan mesin? Kuncinya adalah immobilizer.

Dengan adanya immobilizer, usaha apapun yang dilakukan pelaku pencurian tidak akan pernah berhasil. Bagaimana sebenarnya cara kerja immobilizer? Agar mesin mobil bisa dinyalakan, kode yang tertera pada kunci dengan kode yang ada pada Electronic Control Unit (ECU) harus benar-benar sama. Tapi, bila kode tidak sama, mesin mobil tidak akan bisa dinyalakan.

Jadi kesimpulannya, immobilizer memberikan keuntungan tersendiri buat setiap pemilik mobil, memberikan keamanan dan perlindungan maksimal. Berdasarkan fakta di lapangan, belum pernah ada peristiwa pencurian yang berhasil, jika mobil yang dicuri menggunakan sistem immobilizer.

Posting Komentar untuk "Mengetahui Fungsi Dan Cara Kerja Immobilizer"