Pengertian Dan Cara Kerja Mesin Diesel Common Rail

Cara kerja mesin diesel common rail-Truk dan bus terbaru di Indonesia sudah menggunakan teknologi common rail. Apa itu mesin diesel common rail? Secara sederhana, pengertian common rail adalah suatu teknologi yang menganut sistem akumulator tekanan bahan bakar. Teknologi ini mulai diperkenalkan di Indonesia sejak 9 tahun silam. 

Setelah mengetahui dengan singkat apa itu mesin diesel common rail, semua pencinta otomotif di Indonesia juga harus mengetahui bagaimana sebenarnya cara kerja mesin diesel common rail. Teknologinya sangat berbeda dengan kendaraan konvensional pada umumnya.

Cara kerja mesin diesel common rail

Secara singkat, cara kerja mesin diesel common rail bisa dikatakan seperti ini, bahan bakar disalurkan ke ruang bakar oleh injektor kemudian akan dikendalikan oleh suatu perangkat elektronik. Perangkat komputer mesin atau ECU(Electronic Control Unit) akan memberikan semacam sinyal atau masukan seberapa besar jumlah dan waktu bahan bakar yang disalurkan oleh injektor.

Itulah alasannya kenapa mesin diesel yang menggunakan teknologi common rail dirasa sangat efisien. Mesin injeksi common rail memberikan kemudahan ekstra untuk mengontrol emisi, konsumsi bahan bakar dan power yang cukup maksimal. Teknologi ini memang dikenal cukup fokus kepada power kendaraan dan efisiensi bahan bakar.

Keunggulan mesin diesel common rail

Lalu apa saja keunggulan mesin diesel common rail? Beberapa keunggulannya yaitu suplai bahan bakar mempunyai 3 kali penyaringan bahan bakar, Tujuannya untuk memberikan proteksi pada mesin dari kontaminasi bahan bakar. Kemudian teknologi common rail juga menghasilkan emisi gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Cara Kerja Mesin Diesel Common Rail "