Apa Itu Aquaplaning? Ini Pengertian Singkatnya

Apa itu aquaplaning-Curah hujan di Indonesia cukup tinggi sehingga menyebabkan adanya genangan air di jalan raya dan jalan tol. Untuk itu setiap pengendara roda dua dan roda empat diharapkan lebih berhati-hati lagi sewaktu berkendara. Khusus buat mobil, melaju dengan kecepatan tinggi saat jalanan tergenang air bisa menyebabkan aquaplaning. Apa itu aquaplaning?

Aquaplaning adalah suatu keadaan saat ban mengalami ketiadaan daya cengkeram sewaktu melaju melewati genangan air. Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, ban akan terangkat dari permukaan aspal karena adanya genangan air. Ini akhirnya mengakibatkan ketidakstabilan laju, mobil akan mudah terhempas kesana kemari.

Kondisi seperti ini jelas sangat berbahaya, bisa mengakibatkan kecelakaan parah. Tidak jarang kecelakaan seperti ini bisa terjadi, terutama saat berkendara di jalan tol. Kecelakaan biasanya terjadi dalam hitungan detik. Namun dampak yang diakibatkannya ternyata cukup hebat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa aquaplaning bisa terjadi? Faktor-faktor seperti tekanan ban yang kurang, kondisi ban sudah aus dan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi seringkali disinyalir jadi penyebabnya. Ditambah lagi kondisi lintasannya basah, semakin mempermudah terjadinya aquaplaning.

Untuk itu, setiap pengendara disarankan untuk lebih berhati-hati lagi khususnya saat berkendara di lintasan yang ada genangan air. Selain itu, sebelum berkendara sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan terlebih dahulu, agar perjalanan lebih aman dan menyenangkan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Aquaplaning? Ini Pengertian Singkatnya"