Biar Performa Lebih Optimal, Ini Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo

Cara merawat mobil bermesin turbo-Mobil bermesin turbo masih cukup banyak peminatnya di Indonesia. Performa mesinnya bagus dan cukup efisien soal penggunaan bahan bakar. Tapi harus diingat, merawat mobil bermesin turbo tidaklah semudah merawat mobil bermesin konvensional. Ada beberapa perbedaan spesifikasi khususnya oli dan bahan bakar.

Agar kinerja mesin turbo tetap maksimal, sudah seharusnya perawatan secara berkala tidak bisa dikesampingkan. Selain itu proses pembakaran akan lebih optimal, jika komponen yang berhubungan dengan sistem pembakaran rutin dirawat. Contohnya adalah busi, koil dan intake manifold. Namun ada juga komponen lain yang harus dirawat. Apa saja itu? Bagaimana cara merawat mobil bermesin turbo? Perhatikan caranya berikut ini. 

Cara merawat mobil bermesin turbo

1. Mengganti oli mesin

Bagian mesin patut mendapat perhatian lebih dari pengendara. Agar kondisi mesin tetap terjaga, upayakan untuk selalu mengecek kondisi oli mesin. Caranya cukup mudah, buka dipstick oli kemudian lihat ujung dipstick. Jika oli mesin sudah menghitam dan lebih kental dari sebelumnya, jangan tunda untuk mengganti oli mesinnya. Tapi ingat, spesifikasi oli mesinnya harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

2. Bahan bakar yang pas

Penggunaan bahan BBM yang tepat ternyata besar pengaruhnya buat performa kendaraan. Bahan bakar yang direkomendasikan adalah bensin dengan RON minimal 92. Kualitas bahan bakar ini cukup mumpuni, membantu kinerja mobil semakin meningkat. Tapi harus diingat, bahan bakar ini tidak bisa diganti dengan bahan bakar lain dengan spesifikasi yang berbeda. 

3. Membersihkan saringan udara

Filter udara harus secara rutin dibersihkan. Dengan demikian, sirkulasi udara yang didistribusikan ke dalam turbin tidak akan terhambat. Caranya tidak terlalu sulit, cukup membuka cover filter udara, ambil filter udara kemudian bersihkan dengan penyemprot angin. Jika filter udara masih terlihat kotor, upayakan untuk menggantinya saja.

4. Mengganti busi

Sistem pengapian atau pembakaran berhubungan erat dengan busi. Saat tenaga yang dihasilkan mobil turbo tidak cukup besar, coba perhatikan businya apakah masih bisa digunakan atau tidak. Saat berencana untuk menggantinya, pastikan busi yang digunakan adalah iridium SILZKR7C11S. Dengan demikian, tenaga dan performa akan kembali optimal.

Posting Komentar untuk "Biar Performa Lebih Optimal, Ini Cara Merawat Mobil Bermesin Turbo"