Jangan Panik!! Ini Cara Mengganti Ban Mobil Yang Bocor

Cara mengganti ban mobil yang bocor-Setiap pengendara mobil pasti ingin perjalanannya mulus-mulus saja sampai ke tempat tujuan. Tapi ada hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi, contohnya kebocoran ban. Haruskah panik sewaktu ban bocor ditengah-tengah perjalanan? Tidak perlu panik. Ketenangan dalam bertindak jadi kuncinya.

Asalkan alat-alat untuk membuka ban telah tersedia, tidak ada yang perlu ditakutkan. Yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana caranya mengganti ban mobil. Kaluu memang anda belum tahu cara menggantinya, silakan perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

Cara mengganti ban mobil yang bocor

1. Cari tempat aman

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memarkirkan mobil di tempat yang aman. Upayakan untuk menepikan mobil di tempat yang cukup terang dan dekat dengan rumah penduduk. Selain itu, jika keadaan memungkinkan, parkirkan mobil di permukaan yang rata areanya.

2. Siapkan alat-alat

Langkah selanjutnya yang harus dikerjakan adalah menyiapkan kunci roda, dongkrak, kain bekas dan ban cadangan. Semua alatnya ada di bagasi mobil, letaknya juga tidak berjauhan. Jika ada, siapkan juga cairan semacam brake pad cleaner agar tidak sulit membuka mur roda.

3. Gunakan dongkrak

Bagian selanjutnya yang tak boleh dilupakan yaitu menggunakan dongkrak. Tujuan menggunakan dongkrak adalah untuk menaikkan posisi mobil sehingga ban bisa dicopot. Harus diingat, posisi dongkrak terletak dibagian bawah mobil, di area seksi lintang mobil.

4. Buka ban kempis

Setelah semua alat dikumpulkan, langsung buka ban dengan menggunakan kunci roda. Putar mur roda pakai kunci roda berlawanan arah jarum jam. Setelah semua mur dibuka menggunakan kain bekas, segera copot ban yang kempis. Saat membukanya harus berhati-hati, jangan terlalu dipaksa.

5. Pasang ban cadangan

Setelah ban yang lama di copot, segera masukkan ban cadangan yang telah terisi angin. Masukkan dengan perlahan, sesuaikan dengan baut yang terlihat di dekat bearing roda. Setelah itu, pasang lagi mur roda searah jarum jam. Pastikan mur roda telah terpasang dengan cukup kuat.

Posting Komentar untuk "Jangan Panik!! Ini Cara Mengganti Ban Mobil Yang Bocor"