Kamu Wajib Tau, Ini Penyebab Electric Starter Tidak Berfungsi

Penyebab electric starter tidak berfungsi-Electric starter merupakan salah satu komponen penting yang tersemat di setang motor. Apa itu electric starter? Secara teknis, electric starter adalah saklar elektromagnetik yang berfungsi sebagai penyambung atau penghambat arus listrik. Komponen ini cukup praktis digunakan, hanya dalam hitungan detik untuk menekannya.

Kadangkala masalah bisa saja terjadi pada saat pengendara mencoba menyalakan mesin motor. Electric starter bisa jadi tidak berfungsi. Bahkan ada yang telah berupaya keras memencet electric starternya berulang-ulang, namun upayanya tidak membuahkan hasil. Apa saja penyebab electric starter tidak berfungsi?

Penyebab electric starter tidak berfungsi

1. Aki mulai soak

Jangan cepat-cepat menyimpulkan aki yang jadi sumber masalahnya. Bisa saja ada masalah lain di komponen-komponen elektrikal. Tapi kalau nyala lampu mulai redup diikuti suara klaksonnya bernada rendah, memang kita mulai bisa menyimpulkan telah terjadi masalah pada akinya. Segera periksa akinya ke bengkel terdekat. Jika terlihat tanda-tanda kerusakan, segera ganti aki dengan yang baru.

2. Dinamo starter

Komponen yang satu ini bisa diibaratkan seperti jantungnya starter secara keseluruhan. Memang komponen ini amat jarang alami kerusakan, tapi kalau rusak jangan harap bisa menggunakan electric starter. Rusaknya dinamo starter bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu arang starter atau brush sudah alami disfungsi.

3. Switch starter

Bentuknya tidak terlalu besar tapi cukup memengaruhi tersambungnya arus listrik atau tidak. Anda harus membuat satu percobaan dengan menyambungkan kabel antara switch starter. Jika terdengar bunyi yang tidak biasa seperti "cekrek cekrek", ada baiknya segera melakukan pergantian part ke bengkel.

Posting Komentar untuk "Kamu Wajib Tau, Ini Penyebab Electric Starter Tidak Berfungsi"