Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Penjelasannya

Salah satu aspek penting saat melakukan perawatan pada mesin motor adalah mengganti oli mesin. Namun bukan hanya itu saja, oli transmisi atau oli gardan juga harus diganti. Tidak bisa disepelekan, oli gardan juga memengaruhi kinerja motor matic saat melaju di jalan raya.

Kapan waktu yang tepat mengganti oli gardan motor matic? Pergantian oli gardan biasanya dilakukan berdasarkan jarak waktu pemakaian dan jarak tempuh. Menurut teknisi yang cukup berpengalaman, oli gardan cocoknya diganti setiap 8.000 km atau setiap 8 bulan.

Ini berbeda dengan pergantian oli mesin. Untuk motor, oli mesin diganti setiap 3.000 km. Jadi waktu pergantiannya jauh lebih cepat ketimbang selang waktu pergantian oli gardan motor matic. Tapi walaupun waktu pergantiannya lebih lama, bukan berarti oli gardan tidak penting.

Secara teknis, oli gardan motor matic bisa memperlancar proses pelumasan yang terjadi di setiap komponen transmisi. Manfaat mengganti oli gardan adalah akselerasi motor semakin bagus, suara mesin gak kasar dan penggunaan bahan bakar bisa lebih irit dan terjangkau.

Patut diingat, oli gardan yang digunakan haruslah berkualitas baik dan telah direkomendasikan oleh pabrikan. Kapasitas pengisiannya bergantung pada jenis motor. Untuk motor matic injeksi, ada yang melakukan pengisian sampai 140 ml, namun ada juga yang mengisi hingga 150 ml.

Jika anda masih ragu, kapan waktu yang tepat mengganti oli gardan motor matic, sebaiknya segera berkonsultasi dengan tim service di dealer. Tanyakan soal pergantian oli gardan, SAE oli dan zat aditif yang ada didalamnya. Biasanya mereka akan menunjukkan tabel jangka waktu pergantian oli mesin dan gardan(oli transmisi), disertai spesifikasi oli gardan

Posting Komentar untuk "Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Penjelasannya"