Kenapa Mesin Mobil Harus di Tune Up? Ini 4 Alasannya

Mesin mobil harus di tune up-Perawatan mesin mobil bukan hanya sebatas servis berkala, tapi sewaktu-waktu mesinnya juga harus di tune up. Kenapa? Ibarat manusia perlu juga perlu disegarkan kembali, mobil yang sudah beberapa tahun digunakan juga perlu disetel kembali khususnya komponen-komponen vital.

Memang biaya yang dikeluarkan untuk melakukan tune up pada mesin sangat besar. Namun, mengingat dampaknya cukup positif untuk kinerja mobil, sangat disarankan untuk tetap tune up mesin. Kenapa mesin mobil harus di tune up? Simak beberapa alasannya berikut ini.

Alasan mesin mobil harus di tune up

1. Kinerja mesin semakin bagus

Seiring waktu, kinerja mesin bisa makin melambat. Penyebabnya antara lain sisa percikan oli, debu yang menempel dan adanya korosi di komponen-komponen tertentu. Tune up pada mesin akan membantu kinerja mesin semakin optimal, meminimalisir kerusakan dan tenaga jadi lebih maksimal.

2. Komponen penting tidak mudah rusak

Dengan melakukan tune up di bagian mesin, komponen-komponen vital didalamnya akan lebih terawat. Pembersihan akan dilakukan dengan menggunakan alat-alat khusus dan cairan tertentu. Beberapa komponen yang akan tetap terawat antara lain: busi, saringan besin, injektor dan sensor yang terdapat di mesin. 

3. Menyalakan mesin lancar

Keuntungan lain yang diperoleh setelah mobil melakukan tune up adalah tidak adanya hambatan saat mesin dinyalakan. Saat mesin mobil di tune up, busi pasti dibersihkan atau diganti sehingga pada saat menyalakan mesin lancar-lancar saja. Bukan hanya busi, komponen penting lain seperti saringan udara dan saringan bensin juga dibersihkan.

4. Berkendara semakin nyaman

Setelah mesin mobil di tune up, berkendara pasti semakin nyaman. Tidak akan terdengar bunyi raungan atau dentuman dari dalam mesin karena komponen-komponen telah diganti atau dibersihkan. Topspeed, performa dan akselerasi pasti akan berbeda dari sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Kenapa Mesin Mobil Harus di Tune Up? Ini 4 Alasannya"