Kenapa Mesin Mobil Harus Dipanaskan? Perhatikan 4 Alasannya Berikut Ini

Kenapa mesin mobil harus dipanaskan-Sebelum pergi ke kantor dengan mengendarai mobil, mesin mobil harus dipanaskan terlebih dahulu. Nah, inilah yang sering diabaikan oleh beberapa pengendara mobil di tanah air. Mungkin karena terburu-buru pergi ke kantor, setelah mobil dinyalakan, pedal gas langsung diinjak hingga akhirnya melaju.

Memang tidak harus tiap hari memanaskan mesin mobil, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Ini bisa disamakan dengan seorang atlet. Sebelum melakoni pertandingan, seorang atlet harus melakukan pemanasan dahulu. Demikian pula, sebelum mobil melaju, ada baiknya mesinnya dipanaskan terlebih dahulu. Kenapa mesin mobil harus dipanaskan? Setidaknya ini beberapa alasannya.

Kenapa mesin mobil harus dipanaskan:

1. Rentan terjadi kebocoran

Sewaktu mesin mobil dinyalakan, beberapa komponen yang kurang presisi secara perlahan akan mulai merapat karena tekanan panas yang datang dari mesin. Jika mobil langsung dibawa berkendara tidak lama setelah dinyalakan, akan menimbulkan dampak negatif. Lama-kelamaan akan terjadi kebocoran pada beberapa komponen yang tersemat di mesin.

2. Daya aki akan meningkat

Mobil yang jarang dipanaskan mesinnya, akan memengaruhi perangkat yang berhubungan sistem pengapian dan elektrikal yaitu aki. Secara perlahan daya aki akan melemah, sehingga sewaktu mobil distarter, akan ada trouble. Lain halnya jika mesin mobil dipanaskan, daya akan meningkat sehingga cukup untuk membantu kinerja sistem elektrikal dan pengapian di mobil. Keduanya akan bekerja secara sinkron mengingat daya akinya cukup bagus.

3. Mesin tidak mudah aus 

Saat mesin mobil dipanaskan, semua komponen yang terdapat dibagian mesin akan bekerja sesuai alurnya. Ini tentunya baik karena komponen-komponen yang tersemat didalamnya harus terus bergerak agar tidak terjadi keausan. Lain halnya kalau mesin jarang dipanaskan, beberapa komponen memang akan bergerak ketika mesin dinyalakan, namun akan terjadi gesekan karena pelumas dibeberapa bagian telah mengering.

4. Penyesuaian sistem pendingin

Saat mesin mulai dinyalakan, secara perlahan tekanan panas pada mesin akan mulai meningkat. Nah, saat itu jangan langsung menekan pedal gas. Sebaiknya biarkan dahulu sistem pendingin mesin dan AC bekerja dengan baik, sehingga tercipta stabilitas antara mesin dengan sistem pendingin. Dengan begitu, tenaga mobil akan lebih optimal.

Posting Komentar untuk "Kenapa Mesin Mobil Harus Dipanaskan? Perhatikan 4 Alasannya Berikut Ini"