Kinerja Dan Performa Makin Oke, Ini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

Cara merawat mobil mesin diesel-Seperti halnya mobil bermesin konvensional, mobil bermesin diesel juga harus dirawat khususnya dibagian mesin. Tapi untuk mobil diesel perawatannya jelas berbeda dengan mobil yang ada pada umumnya. Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatannya juga lebih mahal ketimbang mobil bermesin konvensional.

Secara teknisnya, mobil mesin diesel punya beberapa kelebihan dibandingkan mobil bermesin konvensional. Salah satunya adalah efisiensi bahan bakar. Namun, perawatannya pun harus lebih optimal agar kinerja mesinnya tak terganggu. Bagaimana cara merawat mobil mesin diesel? Berikut ini caranya.

Cara merawat mobil mesin diesel

1. Servis rutin

Mobil bermesin diesel juga harus diservis sesuai dengan buku pedoman yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil. Biasanya ada beberapa komponen yang harus disetel atau diganti untuk membuat kinerja mesin jadi semakin optimal. Pergantian komponen harus dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman.

2. Ganti oli mesin

Secara teori oli mesin mobil diesel harus diganti paling tidak setiap 5-6 bulan sekali. Ini sangat penting agar kondisi mesin tetap terjaga dan lebih awet. Tapi sebelum mengganti oli mesin, pastikan terlebih dahulu SAE atau kekentalan olinya, apakah sudah tepat atau belum. Kekentalan oli mobil diesel jelas berbeda dengan oli mobil bensin.

3. Memanaskan mesin

Hal yang tak boleh dilupakan setiap pengendara mobil bermesin diesel adalah pentingnya memanaskan mesin mobil paling tidak selama 3 menit. Tujuannya agar pelumas secara terpadu melumasi komponen mesin yang bekerja cukup keras. Selain itu, bisa juga mencegah keausan komponen di bagian mesin.

4. Cek filter bahan bakar

Filter bahan bakar atau yang biasa disebut filter solar juga harus di cek kondisinya. Jika sudah kotor, sebaiknya segera dibersihkan saja agar tidak menghambat sirkulasi sistem injeksi bahan bakar. Kalau tidak bisa lagi dibersihkan, segera lakukan pergantian filter diesel yang baru. 

5. Cek kondisi filter udara

Selain filter bahan bakar, filter juga harus dipastikan kondisinya. Ini sangat penting karena komponen inilah yang berperan untuk memfilter udara yang masuk ke area ruang bakar. Sirkulasi udara yang tidak kotor akan membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih irit.

6. Bahan bakar yang tepat

Cara merawat mobil mesin diesel yang selanjutnya adalah mengisi bahan bakar yang tepat. Pilih bahan bakar dengan kandungan sulfur rendah dipadukan dengan kadar cetane tinggi. Jangan sekali-kali mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil diesel. Itu bisa mengakibatkan sistem penyaluran bahan bakar tidak optimal dan kinerja mesin semakin menurun.

Posting Komentar untuk "Kinerja Dan Performa Makin Oke, Ini Cara Merawat Mobil Mesin Diesel"