Otolovers Wajib Tau, Ini Perbedaan Mobil Mesin Bensin Dan Mesin Diesel

Perbedaan mobil mesin bensin dan mesin diesel-Berdasarkan catatan penjualan mobil selama 10 tahun belakangan, peminat mobil bermesin bensin cukup banyak. Lalu bagaimana dengan mobil mesin diesel? Seiring waktu, penjualannya ternyata cukup bagus bahkan mulai mampu mengejar penjualan mobil mesin bensin.

Sebenarnya baik mobil bensin dan mobil diesel sama-sama punya performa yang bagus. Namun tetap saja keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaan mobil mesin bensin dan mesin diesel? Perhatikan perbedaannya berikut ini.

Perbedaan mobil mesin bensin dan mesin diesel

1. Jenis bahan bakar

Perbedaan yang paling mencolok di antara mobil mesin bensin dengan mobil mesin diesel adalah jenis bahan bakar. Mobil bermesin diesel menggunakan solar, sedangkan mobil mesin bensin memakai gasoline. Untuk mobil dengan mesin bensin, bahan bakar bercampur bersama udara lalu dikompresi dengan piston kemudian akan menyala akibat proses pengapian. Sedangkan pada mesin diesel, udara dikompresi hingga memanas. Kemudian bahan bakar akan didistribusikan sehingga menimbulkan pembakaran yang akhirnya memantik mesin jadi menyala.

2. Volume bahan bakar

Kebutuhan bahan bakar mobil diesel dan bensin jelas berbeda. Untuk mobil mesin bensin, penggunaan bahan bakarnya cukup banyak, apalagi kalau mobil dikendarai ke luar kota yang jarak tempuhnya cukup jauh. Sedangkan mobil mesin diesel, kebutuhan bahan bakarnya cukup irit dan efisien. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, untuk perjalanan jauh pun, konsumsi bahan bakarnya tetap irit.

3. Ketangguhan mesin

Perbedaan lainnya terletak pada ketangguhan mesin. Harus diakui mobil bermesin diesel jelas lebih unggul dalam hal performa. Walaupun mobil membawa barang yang cukup berat dan dikendarai dalam waktu yang lama, mobil mesin diesel tetap tangguh. Sedangkan mobil mesin bensin punya keunggulan lain, misalnya lebih bagus secara akselerasi. 

4. Perawatan rutin

Untuk perawatan rutinnya, sangat jelas mesin bensin pemenangnya. Selain tidak terlalu banyak komponen yang dirawat atau diperbaiki, biayanya juga tidak terlalu besar. Sedangkan untuk mobil bermesin diesel, ada beberapa komponen yang harus dibersihkan khususnya dibagian sistem pembakaran. Harga part mobil diesel sedikit lebih mahal ketimbang part mobil mesin bensin.

Posting Komentar untuk "Otolovers Wajib Tau, Ini Perbedaan Mobil Mesin Bensin Dan Mesin Diesel"