Performa Mesin Semakin Joss, Ini 5 Cara Merawat Motor Injeksi

Cara merawat motor injeksi-Kebanyakan motor terbaru sudah mengadopsi teknologi bahan bakar injeksi. Selain lebih efisien dan ekonomis dalam penggunaan bahan bakar, motor berteknologi injeksi juga diklaim lebih praktis saat perawatan dilakukan. Tentunya ini bisa menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Motor yang dipersenjatai teknologi injeksi, perlu diperhatikan perawatannya. Berdasarkan buku pedoman servis, setidaknya per 2-3 bulan sekali, perlu dilakukan pengecekan dan pemeliharaan di bagian mesin. Ini bertujuan untuk menjaga performa dan ketahanan mesin injeksi. Bagaimana cara merawat motor injeksi? perhatikan beberapa tipsnya berikut ini.

Cara merawat motor injeksi

1. Membersihkan injektor

Bagian yang paling penting saat melakukan perawatan pada motor injeksi adalah membersihkan injektornya. Biasanya ini dilakukan setiap 10 ribu kilometer. Membersihkan injektor bisa dilakukan oleh teknisi yang punya pengalaman dan sertifikat. Kemudian ada cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan injektor seperti injector cleaner.

2. Kuras tangki bahan bakar

Suatu waktu perlu juga dilakukan pengurasan tangki. Apa tujuannya? Ini bertujuan untuk membersihkan kandungan debu aaupun zat-zat berbahaya yang bisa merusak mesin. Harus diingat, sewaktu menguras tangki bahan bakar, tidak boleh asal-asalan, perhatikan langkah-langkah yang benar berdasarkan buku panduan servis.

3. Bersihkan filter bensin

Seiring waktu filter bensin menjadi kotor, akibatnya kinerja pompa bensin bisa menurun. Untuk itu bersihkan filter bensin dengan alat khusus. Pastikan semua kotoran dan partikel-partikel penghalang sirkulasi bahan bakar tidak ada lagi di bagian filter bensin.

4. Cek pressure fuel pump

Tekanan pompa bahan bakar juga harus selalu dipastikan. Perhatikan apakah tekanannya berkurang atau malah sebaliknya. Jika tekanannya berkurang jauh dari standar yang sebelumnya, ini bisa mengakibatkan penurunan performa dan kinerja motor berteknologi injeksi.

5. Bersihkan filter udara

Cara merawat motor injeksi yang selanjutnya adalah membersihkan filter atau saringan udara. Caranya tidak terlalu sulit, buka cover saringan udara lalu ambil saringan udara, kemudian gunakan penyemprot udara yang cukup kencang agar debu atau kotoran di saringan udara bisa dibersihkan. Setelah dibersihkan sirkulasi udara ke mesin akan lancar kembali, sistem injeksi pun bisa berjalan dengan normal.

Posting Komentar untuk "Performa Mesin Semakin Joss, Ini 5 Cara Merawat Motor Injeksi "