4 Penyebab Power Window Mobil Rusak

Penyebab power window mobil rusak-Power window berfungsi sebagai pembuka dan penutup kaca jendela dengan mengandalkan sistem elektrik. Tujuannya untuk mempermudah tugas pengemudi dan penumpang saat membayar pakai E-Toll atau menerima barang, yang semuanya bisa dilakukan hanya dengan membuka kaca jendela.

Namun kadangkala power window bisa macet, gak bisa naik turun. Pasti ini bisa mengurangi kenyamanan berkendara, bahkan bisa membahayakan pengendara saat melewati jalan tol dengan kecepatan tinggi. Apa saja penyebab power window rusak? Perhatikan penjelasannya berikut ini.

Penyebab power window mobil rusak 

1. Saklar P/W rusak

Bagian yang patut mendapat perhatian adalah saklar power window. Berdasarkan pengalaman teknisi mobil di bagian elektrikal, kerusakan bisa disebabkan karena tombol saklarnya terlalu sering ditekan. Akibatnya rangkaian di dalam box power window alami disfungsi.

2. Jalur kaca terhambat

Saat tombol ditekan, biasanya kaca akan turun ke bawah atau naik ke atas. Namun, bila yang terjadi adalah kaca naik sedikit lalu berhenti, berarti perlu ada pemeriksaan di alur kaca jendela. Bisa jadi ada gumpalan debu tersangkut di jalur kaca. Upayakan untuk segera membersihkannya.

3. Relay pengatur P/W rusak

Salah satu bagian yang punya pengaruh buat power window adalah relay P/W. Saat relay tidak bisa lagi berfungsi maka aliran listrik juga tidak akan sampai ke saklar P/W. Akibatnya kaca jendela di 4 pintu tidak akan bisa diturunkan ataupun dinaikkan.

4. Dinamo regulator power window rusak

Komponen terakhir yang disinyalir jadi penyebab power window rusak adalah dinamo regulator. Seringkali kerusakan dinamo regulator dikarenakan karat ataupun lembab terkena biasan air. Untuk itu jangan berlama-lama membiarkannya tidak berfungsi, segera ganti dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Power Window Mobil Rusak"