4 Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik Tiba-tiba

Penyebab temperatur mesin mobil naik-Saat sedang berkendara atau memanaskan mobil, adakalanya temperatur mesin mobil naik secara tiba-tiba. Nah, menanggapi keadaan itu tidak perlu langsung panik. Jika anda tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, cukup matikan mesinnya dan segera hubungi teknisi.

Namun, pengetahuan soal bagaimana keadaan mesin beserta perangkatnya juga perlu diketahui oleh setiap pengendara. Misalnya jika temperatur mesin naik, anda juga harus memerhatikan bagaimana kondisi perangkat lainnya. Contohnya perhatikan juga bagaimana keadaan AC mobil yang termasuk dalam sistem pendingin. Apa saja yang menyebabkan temperatur mesin mobil naik? 

Penyebab temperatur mesin mobil naik 

1. Fan belt rusak

Salah satu penyebab klasik kenapa temperatur mesin naik adalah fan belt alami kerusakan yang cukup parah. Jika dipaksakan, komponen-komponen seperti pompa air dan AC bisa bermasalah. Akhirnya ini bisa merembet ke kinerja mesin, selanjutnya temperatur mesin naik secara tiba-tiba.

2. Oli mesin tak diganti

Pelumasan sangat penting untuk menetralkan temperatur mesin. Tapi apa yang terjadi jika oli dan pelumas tidak diganti dan sudah mulai menghitam warnanya? Lama kelamaan kerja piston semakin berat, kemudian temperatur mesin akan naik, kerusakan di bagian mesin tak dapat dihindarkan.

3. Switch temperatur rusak

Komponen yang tak bisa dikesampingkan saat temperatur mesin naik adalah switch temperatur atau sensor ampere panas. Saat switch ini rusak, mesin mobil memang masih bisa dinyalakan, akan tetapi lama-kelamaan temperatur mesin makin naik sehingga mengarah ke overheat engine.

4. Selang radiator bocor

Selang radiator umumnya terbagi jadi dua bagian yaitu selang radiator atas dan selang radiator bawah. Jika salah satu selang alami kebocoran, maka radiator tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya temperatur mesin naik tiba-tiba. Ini harus segera ditangani dengan tepat.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Temperatur Mesin Mobil Naik Tiba-tiba"