Cara Membersihkan Kaca Helm Sampai Benar-benar Kinclong

Cara membersihkan kaca helm-Helm merupakan alat proteksi diri saat berkendara di jalan raya. Namun karena terlalu sering digunakan, beberapa pengendara motor lupa merawat helm. Bahkan kaca depan helm terlihat makin buram. Tentunya ini bisa membahayakan pengendara saat bermanuver di jalan raya.

Yang membuat kacanya terlihat buram yaitu terkena debu atau pasir saat berkendara. Bisa juga terkena air hujan tapi tidak langsung dilap dengan kain bersih. Sebenarnya, kaca helm bisa tetap kinclong asalkan rutin dibersihkan. Membersihkannya juga tidak rumit-rumit amat kok. Berikut ini cara membersihkan kaca helm sampai kinclong.

Cara membersihkan kaca helm

1. Buka kaca helm

Pertama-tama buka kaca helm terlebih dahulu. Membuka kacanya harus hati-hati, tidak bisa asal ditarik begitu saja. Di bagian kanan dan kiri helm terdapat semacam baut kecil yang harus dibuka dengan obeng. Putar obeng searah jarum jam, maka baut akan terbuka. Tarik secara perlahan kaca helm.

2. Siram dengan air bersih

Untuk menjatuhkan debu atau pasir yang menempel, siram kaca helm dengan air bersih. Bagian pertama yang harus disiram adalah permukaan luar kaca. Kemudian selanjutnya, menyiram bagian permukaan dalam kaca. Semuanya harus disiram secara merata.

3. Gunakan sabun khusus kaca helm

Jangan sembarangan menggunakan sabun saat mencuci kaca helm. Sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus kaca helm, itu pun dengan catatan cairan tidak boleh terlalu banyak digunakan. Semprotkan cairan khusus tersebut di permukaan luar dan dalam kaca. 

4. Lap dengan kain bersih

Di bagian akhir, semprotkan sedikit air bersih lalu lap kaca helm. Sebagai pengingat, gunakanlah kain microfiber yang cepat menyerap air. Lap semua permukaan kaca sampai bersih, kemudian diamkan sebentar di tempat yang sejuk. Selanjutnya, pasang lagi kacanya hingga menyatu dengan helm.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Kaca Helm Sampai Benar-benar Kinclong"