Ini Dampak Buruk Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas

Dampak buruk mencuci motor saat mesin masih panas-Motor harus selalu di jaga kebersihannya, baik itu di bagian mesin maupun di bagian bodi. Dengan tetap bersih setiap waktu, masalah pada motor bisa diminimalisir. Dengan demikian, anda bisa merasakan kenyamanan yang diinginkan saat berkendara.

Namun, ada beberapa pengendara yang tidak memahami kapan waktu yang tepat untuk mencuci motor. Ada yang mencuci motor saat mesinnya masih panas. Ternyata ini berdampak buruk pada komponen-komponen yang berhubungan dengan mesin dan pengapian. Apa saja dampak buruk mencuci motor saat mesin masih panas?

Dampak buruk mencuci motor saat mesin masih panas

1. Penyusutan komponen

Saat mesin dan sistem pengapian masih dalam keadaan panas lalu disiram air dingin, apa yang bisa terjadi? Bahan logam dan besi akan menyusut karena perubahan suhu yang terjadi dalam hitungan detik. Kondisi penyusutan material itu sering disebutkan dengan istilah thermal shock.

2. Warna mesin dan knalpot belang

Hal berikutnya yang bisa terjadi adalah warna awal mesin dan knalpot mulai berubah. Saat mesin dan knalpot disiram air dingin, akan timbul uap panas sehingga secara perlahan warna komponen berbahan logm dan besi mulai menghitam. Jika sudah berubah warna, cukup sulit untuk mengembalikan ke warna semula.

3. Komponen mesin makin mudah rusak

Walaupun tidak secara langsung terjadi, tapi beberapa waktu kemudian komponen-komponen mesin akan melemah bahkan alami disfungsi. Penyebabnya masih sama, sebagian besar komponen mesin diciptakan tidak tahan pada perubahan suhu yang cukup mendadak dan drastis.

Posting Komentar untuk "Ini Dampak Buruk Mencuci Motor Saat Mesin Masih Panas"