Jangan Anggap Sepele, Ini Dampak Buruk Oli Mesin Mobil Bocor

Dampak buruk oli mesin mobil bocor-Rutin mengganti Oli mesin akan memastikan kondisi mesin mobil tetap prima. Bukan hanya mengganti oli mesin, kondisi bak karter juga perlu diperhatikan mengingat kadang-kadang ada rembesan oli yang berjatuhan ke lantai. Kondisi seperti ini jelas sangat berbahaya bagi mesin.

Rembesan oli seringkali dianggap sebagai pertanda awal oli mesin bocor. Anda harus segera melakukan tindakan sebelum semuanya terlambat. Jika mesin sudah alami trouble, maka aktivitas sehari-hari bisa dipastikan terganggu. Nah, apa saja dampak buruk oli mesin mobil bocor?

Dampak buruk oli mesin mobil bocor

1. Turun mesin

Salah satu dampak buruk yang bakalan terjadi adalah turun mesin. Ini terjadi karena adanya gesekan antar komponen berbahan besi dikarenakan oli yang melumasi makin berkurang. Temperatur mesin makin panas hingga akhirnya mesin tidak bisa lagi dinyalakan. Turun mesin tidak lagi terhindarkan.

2. Suara mesin makin kasar

Dampak buruk lainnya yaitu suara mesin jadi kasar. Saat oli mesin bocor, secara otomatis volume oli makin berkurang. Itu bisa membuat komponen seperti piston dan ring piston tidak bekerja sebagaimana mestinya. Akan timbul suara gluduk-gluduk dan krek-krek dari ruang mesin.

3. Oli menyebar

Jika kebocoran oli mesin tidak bisa terhindarkan, oli mesin akan menyebar kemana-kemana. Bisa saja oli merembes ke komponen-komponen lain seperti kampas kopling dan bagian-bagian elektrikal. Dapat dipastikan kerusakan juga akan menyebar ke bagian-bagian lain.

4. Panel indikator oli menyala

Saat terjadi kebocoran oli, panel indikator oli akan menyala warna merah. Ini merupakan tanda peringatan telah terjadi masalah yang cukup serius di bagian mesin. Jangan abaikan peringatan ini. Sebaiknya segera lakukan tindakan sesegera mungkin, agar tidak terjadi kerusakan yang lebih serius.

Posting Komentar untuk "Jangan Anggap Sepele, Ini Dampak Buruk Oli Mesin Mobil Bocor"