Jangan Diabaikan, Ini Penyebab Speedometer Mobil Mati

Penyebab speedometer mobil mati-Speedometer punya fungsi yang cukup beragam di mobil. Selain sebagai penunjuk angka kecepatan, speedometer juga berfungsi sebagai penanda apakah komponen-komponen elektrikal masih berfungsi dengan baik. Bisa dipastikan speedometer berperan sangat signifikan buat kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Namun, walaupun speedometer cukup vital di sistem elektrikal, bukan berarti speedometer gak bisa rusak. Speedometer sewaktu-waktu bisa rusak bahkan tidak berfungsi. Penyebabnya juga bermacam-macam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami paparkan penyebab speedometer mobil mati.

Penyebab speedometer mobil mati

1. Trouble di sistem kelistrikan

Hal pertama  yang perlu diperhatikan adalah sistem kelistrikan mobil. Bisa jadi ada trouble di bagian kabel atau soket sehingga arus ke bagian speedometer terhenti. Sistem kelistrikan yang harus di cek terletak di bagian bawah dashboard, yang terhubung ke sistem kelistrikan speedometer.

2. Daya dan arus tidak ada

Speedometer akan bekerja dengan baik jika mobil tidak kekurangan daya. Daya yang besar bisa dihasilkan jika aki tidak mengalami masalah. Namun, kalau aki sudah rusak, speedometer tidak akan menyala, demikian pula mesin juga lebih sulit untuk dinyalakan.

3. Sensor speedometer bermasalah

Komponen yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah sensor speedometer. Memang anda tidak harus langsung membongkar bagian speedometernya, untuk mengetahui masalahnya. Biasanya dengan melihat panel indikator saja, bila lampu check indikator menyala, berarti ada trouble di bagian speedometer.

Posting Komentar untuk "Jangan Diabaikan, Ini Penyebab Speedometer Mobil Mati"