Kenali Dengan Baik, Ini Tanda-tanda Air Radiator Mulai Habis

Tanda-tanda air radiator mulai habis-Radiator punya peranan yang sangat penting untuk menjaga temperatur mesin tetap stabil. Tapi kinerja radiator juga dipengaruhi oleh pengisian air radiator coolant, sesuai dengan pedoman pemeliharaan kendaraan. Namun beberapa pengendara kerap mengabaikan hal ini.

Ada anggapan mengisi air radiator tidaklah terlalu penting atau urgensi. Akibatnya mobil yang digunakan alami mogok hingga overheat engine. Jika sudah overheat, tentunya biaya perbaikan yang harus dikeluarkan lebih banyak lagi. Apa saja tanda-tanda air radiator mulai habis? Ini penjelasannya.

Tanda-tanda air radiator mulai habis

1. Lampu indikator suhu radiator menyala

Untuk mengetahui apakah air radiator mulai habis, cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melihat speedometer mobil anda. Jika penanda indikator suhu radiator menyala, berarti ada trouble di bagian radiator dan tabung pengisian air radiator. Kemungkinan terbesarnya adalah air radiator sudah berkurang drastis.

2. Uap muncul dari kap mesin

Tanda berikutnya bahwa air radiator mulai habis adalah adanya uap dari bawah kap mesin. Itu menandakan ada masalah pada tabung pengisian atau leher tabung radiator. Bisa jadi ada kebocoran kecil di bagian-bagian tersebut sehingga tekanan panas mesin tidak bisa distabilkan.

3. Suara mesin berbeda

Salah satu pertanda berikutnya air radiator mulai habis adalah suara mesin agak brebet. Suara brebet timbul karena sistem pengapian tidak bekerja secara singkron sistem pendingin mobil. Anda harus segera melakukan tindakan pencegahan dengan mengisi air radiator.

4. Performa mobil menurun

Tenaga maksimal bisa didapatkan kalau semua komponen bisa bekerja dengan optimal. Kalau air radiator berkurang, maka sistem yang berperan menstabilkan suhu mesin tidak akan bekerja dengan baik. Tenaga dan performa secara berangsur-angsur akan mengalami penurunan.

Posting Komentar untuk "Kenali Dengan Baik, Ini Tanda-tanda Air Radiator Mulai Habis"