Mengenali 5 Penyebab Pedal Kopling Terasa Keras

Penyebab pedal kopling terasa keras-Bagi pengendara yang mengendarai mobil bertransmisi manual, kadang-kadang pasti ada masalah di bagian pedal kopling. Bisa jadi saat menekan pedal kopling, terasa lebih keras dan berat. Menekan kopling sampai mengeluarkan tenaga ekstra jelas sangat berbahaya saat berkendara.

Belum lagi saat mengendarai mobil dalam kondisi macet, pasti perjuangan anda menekan pedal kopling jadi makin berat. Akibatnya kaki bisa kram atau pegal luar biasa. Lalu, kenapa pedal kopling terasa keras? Menurut praktisi otomotif, ada beberapa penyebab pedal kopling terasa keras. Berikut ini keterangannya.

Penyebab pedal kopling terasa keras

1. Kain klos(Kampas kopling) 

Kampas kopling atau kain klos sangat memengaruhi kinerja kopling secara keseluruhan. Jika kain klos atau kampas kopling menipis, pedal kopling jadi lebih berat saat ditekan. Kemudian akan timbul bau hangus karena gesekan yang timbul antara plat kopling. Dampak lainnya adalah hilangnya tenaga saat mobil dibawa menanjak.

2. Matahari klos (Cover Clutch) 

Biasanya kalau kampas kopling sudah menipis, hal yang sama berlaku juga untuk matahari klos. Waktu menipisnya bisa bersamaan dengan kampas kopling, sesuai dengan jangka waktu pemakaian. Ini ditandai dengan melemahnya penekan plat kopling di sistem perpindahan kopling.

3. Bearing klos (Lahar Kopling)

Komponen ini biasanya juga diganti saat matahari dan kain klos sudah alami kerusakan. Fungsinya adalah menekan plat pegas diagfragma pada matahari klos. Nah, jika part ini rusak, kinerja kopling akan sepenuhnya terhambat, perpindahan kopling pasti semakin berat.

4. Kabel Kopling

Masalah juga bisa terjadi saat kawat baja pada kabel kopling "macet". Ada beberapa penyebabnya, antara lain kabel kopling jarang diberikan pelumas, sehingga mengakibatkan menjadi berat saat terjadi penekanan pada pedal. Untuk itu, jangan biarkan kabel kopling menjadi kering, agar masalahnya tidak menjadi lebih besar lagi. 

5. Cara berkendara salah

Menginjak pedal gas secara ugal-ugalan kemudian melepas kopling dengan cara tidak benar bisa mengakibatkan kampas kopling rusak. Jika tidak ada perubahan cara berkendara, kendaraan roda empat wajib melakukan pemeriksaan pada bagian kopling dengan mengunjungi bengkel mobil terdekat.

Posting Komentar untuk "Mengenali 5 Penyebab Pedal Kopling Terasa Keras"