Mengenali Dengan Cermat Penyebab Speedometer Motor Rusak

Penyebab speedometer motor rusak-Salah satu bagian elektrikal motor yang sewaktu-waktu bisa mengalami kerusakan adalah speedometer. Memang, komponen ini tidak berhubungan langsung dengan kinerja motor secara keseluruhan, tapi harus diakui speedometer adalah komponen yang sangat vital. Fungsi speedometer adalah sebagai pemberi informasi kepada pengendara tentang volume bahan bakar dan kecepatan.

Nah, beberapa pengendara kedapatan mengesampingkan pentingnya pengaruh speedometer. Ada pengendara yang tidak segera memperbaiki speedometer motornya, padahal komponen tersebut sudah rusak. Akibatnya saat berkendara di jalan raya, motor tiba-tiba mogok kehabisan bensin karena ketiadaan informasi dari speedometer. Kenapa speedometer motor rusak? perhatikan penyebabnya berikut ini.

Penyebab speedometer motor rusak

1. Kabel speedometer rusak

Biasanya kabel speedometer tidak berfungsi lagi dikarenakan digigit tikus atau digores benda tajam. Jika sudah rusak, maka deteksi langsung ke berbagai perangkat vital di motor akan terputus. Bisa memperbaiki kabelnya dengan cara merekatkannya dengan isolasi hitam. Tapi jika tetap tidak berfungsi, maka harus dilakukan pergantian secepatnya.

2. Kabel speedometer berkarat

Berdasarkan pengalaman teknisi di bengkel, salah satu penyebab kenapa speedometer rusak adalah kabel berkarat. Ini terjadi karena air masuk ke dalam kabel. Jelas sekali karat bisa memutus aliran listrik yang dihubungkan ke speedometer. Untuk itu, jika kabel terkena air, segera lap sampai kering.

3. Aki soak

Problem semakin bertambah rumit saat aki sudah rusak. Arus yang digunakan untuk memunculkan indikator speedometer tidak akan pernah muncul. Jarum indikator bahan bakar dan kecepatan tidak akan bergerak dari posisi 0. Untuk itu segera ganti aki agar tidak ada kendala pada bagian speedometer.

Posting Komentar untuk "Mengenali Dengan Cermat Penyebab Speedometer Motor Rusak"