Ruang Kabin Terasa Panas, Ini 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Penyebab AC mobil tidak dingin-Kenyamanan berkendara bisa didapatkan kalau ruang kabin benar-benar terasa nyaman. Tentu saja agar ruang kabin atau interior terasa sejuk, haruslah didukung dengan sistem pendingin yang mumpuni. Inilah kenapa AC mobil punya peranan penting agar sirkulasi udara di kabin merata.

Namun, kadang kala ada saja timbul masalah, bisa jadi AC mobil tidak terasa dingin. Malah anda dan keluarga merasa gerah ketika berada di dalam kabin, padahal tombol AC sudah diputar. Apa saja yang menyebabkan AC mobil tidak dingin? Perhatikan keterangannya berikut ini.

Penyebab AC mobil tidak dingin

1. Fan belt AC rusak

Fan belt AC atau tali kipas punya peranan penting buat kinerja AC. Ketika tali kipas rusak atau bahkan putus, kinerja kompressor tidak akan ada. Dalam part catalog, fan belt berada di ruang yang sama berdekatan dengan kompressor, magnetic clutch dan coil clutch. Artinya fan belt berpengaruh besar pada kinerja kompressor.

2. Kondensor jarang dibersihkan

Fungsi dari kondensor adalah membuang temperatur panas yang dikeluarkan oleh kompressor. Kalau kondensor kotor, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Akan terjadi penyumbatan di bagian kondensor. Yang terasa dibagian kabin hanyalah hembusan angin bukan sirkulasi udara AC.

3. Kompressor AC rusak

Kompressor AC merupakan komponen utama dalam sistem pendingin mobil. Fungsinya adalah untuk mengalirkan freon ke bagian-bagian AC. Saat mesin mobil dinyalakan tapi AC tetap tidak dingin, anda bisa langsung ambil kesimpulan bahwa telah terjadi kerusakan di bagian kompressor.

4. Freon habis

Yang paling sering jadi penyebab kenapa AC mobil tidak dingin adalah kehabisan freon. Bahkan setelah tombol AC digeser ke angka yang paling dingin, AC tetap tidak dingin, berarti freon sudah habis. Selain itu kebocoran pada selang penghubung AC juga bisa membuat AC tidak dingin.

5. Evaporator kotor

Bagian selanjutnya yang patut mendapat perhatian lebih adalah Evaporator. Besar kemungkinan Evaporator akan dimasuki debu dan kotoran. Tentunya itu bisa menghambat sirkulasi udara yang masuk ke kabin. Untuk itu lebih baik segera dilakukan service AC dan Evaporator.

Posting Komentar untuk "Ruang Kabin Terasa Panas, Ini 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin"