Apa Dampak Oli Mesin Motor Tercampur Dengan Air? Ini Penjelasannya

Perubahan iklim yang cukup mendadak membuat beberapa daerah di Indonesia dilanda banjir dan longsor. Khusus daerah yang langganan banjir seperti jakarta, pengendara kendaraan roda dua harus selalu waspada dan berhati-hati. Disarankan untuk tidak menerobos genangan air yang cukup tinggi di jalan raya.

Kadang-kadang ada saja pengendara yang nakal dan nekat menerobos genangan air. Akibatnya, mesin terendam genangan air hujan hingga lama-kelamaan air masuk kedalam mesin kemudian menyatu dengan oli. Apa dampak oli mesin motor tercampur dengan air?

Dampak oli mesin motor tercampur air

1. Mesin cepat panas

Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian-bagian penting di mesin. Namun, jika oli sudah bercampur dengan air, maka pelumasan tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Bahkan temperatur mesin jadi cepat panas sehingga overheat tidak bisa dihindari lagi.

2. Komponen mesin berkarat

Selang berapa lama, satu hal yang tidak bisa dielakkan jika air masuk ke ruang oli mesin adalah timbulnya karat. Jika karat mulai timbul, maka kerusakan-kerusakan di komponen mesin hanya tinggal waktu saja. Karat akan cepat menyebar juga ke bagian-bagian lain.

3. Kerja piston semakin berat 

Piston bisa optimal jika sistem pelumasan bekerja dengan baik. Hal yang berbeda akan terjadi saat oli mesin telah bercampur dengn air. Pasti timbul suara gruduk-gruduk dari dalam mesin karena pelumasnya tak mampu lagi mengimbangi laju piston. Akhirnya kerja piston semakin berat, kemudian bisa mengarah ke turun mesin.

Posting Komentar untuk "Apa Dampak Oli Mesin Motor Tercampur Dengan Air? Ini Penjelasannya"