Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Motor Terendam Air Banjir? Ini Penjelasannya

Beberapa wilayah di indonesia dilanda banjir berkepanjangan. Ini menyebabkan jalanan yang dilalui motor maupun mobil tergenang air. Nah, yang jadi masalah, beberapa motor ada yang sampai terendam air kurang dari 1 meter. Ini tentunya menyebabkan banyak masalah buat komponen-komponen pengapian.

Peristiwa seperti ini tidak bisa disepelekan dan sudah sering terjadi. Maka, supaya motor tidak langsung mati total tidak lama setelah terendam air, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan setelah motor terendam air banjir.

Pertama, upayakan tidak langsung menyalakan mesin. Jika anda langsung menyalakan mesin, maka kerusakan di bagian-bagian sistem elektrikal tidak bisa terhindarkan. Bagian-bagian elektrikal yang dimaksud adalah busi, aki, koil dan kabel-kabel elektrikal.

Kedua, lap busi sampai kering. Motor lebih sulit distarter dan dinyalakan, jika busi basah basah. Untuk itu semprot busi dengan angin kencang, kemudian lap dengan menggunakan kain kering. Setelah itu keringkan juga bagian koilnya, yang memang jadi perantara bagi busi ke sistem elektrikal.

Yang ketiga, segera hubungi teknisi berpengalaman. Masalah belum tentu selesai jika anda cuma mengandalkan pengetahuan terbatas tentang motor. Agar tidak timbul masalah yang lebih besar lagi, segera hubungi teknisi yang berpengalaman dan sudah bersertifikat, sehingga masalah juga bisa diselesaikan dengan cepat. 

Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Motor Terendam Air Banjir? Ini Penjelasannya"